banner 120x600 banner 120x600

Liverpool ke Final Liga Champions, Bekuk Villarreal 3-2

Gelandang Liverpool Luis Diaz melakukan selebrasi usai pertandingan leg kedua semifinal UEFA Liga Champions antara Liverpool dan Villarreal di stadion La Ceramica, Villarreal, Spanyol, Selasa (3/5/2022). [Paul ELLIS / AFP]
banner 468x60

triggernetmedia.com – Liverpool melaju ke babak final Liga Champions setelah menundukkan Villarreal 3-2 pada leg kedua semi-final di Estadio de la Ceramica, Villareal, Spanyol, Rabu (4/5/2022) WIB.

Villarreal sempat menyamakan agregat gol 2-2 lewat gol Boulaye Dia (3′) dan Francis Coquelin (41′) pada babak pertama.

Liverpool menjawabnya lewat gol Fabinho (62′), Luis Diaz (67′) dan Sadio Mane (74′) demi mengantongi keunggulan tiga gol agregat menuju final di Stade de France, Paris.

Gelandang Prancis Villarreal Coquelin (kiri) bersaing dengan gelandang Liverpool Fabinho saat pertandingan leg kedua semifinal UEFA Liga Champions antara Liverpool dan Villarreal di stadion La Ceramica, Villarreal, Spanyol, Selasa (3/5/2022). [Paul ELLIS / AFP]
Gelandang Prancis Villarreal Coquelin (kiri) bersaing dengan gelandang Liverpool Fabinho saat pertandingan leg kedua semifinal UEFA Liga Champions antara Liverpool dan Villarreal di stadion La Ceramica, Villarreal, Spanyol, Selasa (3/5/2022). [Paul ELLIS / AFP]

Melansir suara.com, tuan rumah membuat gol cepat dua menit setelah sepak mula ketika Boulaye Dia menerima assist dari Etienne Capoue. Pemain Prancis itu memilih meneruskan umpan silang jauh dari sisi kiri ke penyerang asal Senegal yang berada di depan Ibrahima Konate di kotak enam yard, mengecoh kiper Alisson Becker yang mendapati gawangnya kebobolan dari jarak dekat.

Liverpool memiliki peluang emas pada menit ke-24 saat kiper Geronimo Rulli dipaksa meninggalkan gawangnya untuk mengantisipasi bola dan Diogo Jota yang lolos kawalan.

Namun, ketika berupaya menghalau, sang kiper mendapati bola memantul dari tangannya, memberi kesempatan Mohamed Salah mencuri si kulit bundar dan menembakkannya ke gawang namun masih melebar sebelum wasit meniup peluit menyatakan itu suatu pelanggaran.

Villarreal mengendalikan permainan di saat para pemain Liverpool gugup dan tak dapat mempertahankan bola.

BGelandang Liverpool Luis Diaz (kiri) mencetak gol saat pertandingan leg kedua semifinal UEFA Liga Champions antara Liverpool dan Villarreal di stadion La Ceramica, Villarreal, Spanyol, Selasa (3/5/2022). [Paul ELLIS / AFP]
BGelandang Liverpool Luis Diaz (kiri) mencetak gol saat pertandingan leg kedua semifinal UEFA Liga Champions antara Liverpool dan Villarreal di stadion La Ceramica, Villarreal, Spanyol, Selasa (3/5/2022). [Paul ELLIS / AFP]

Naby Kieta mengumpan bola kembali ke lini belakang namun justru mendarat di kaki Gerard Moreno. Ia berbalik dan mengirim bola ke Giovani Lo Ceslo yang berada di kotak.

Baca juga  Liga Champions: Bayer Munchen Pesta Gol, Hajar Atletico Madrid 4-0

Gelandang Argentina itu berupaya menyetir bola ke samping namun bertabrakan dengan Alisson dan seluruh stadion bersorak untuk penalti yang tak kunjung tiba karena wasit memutuskan sang kiper memenangi bola terlebih dahulu.

Villarreal tak mengendorkan serangan mereka dan meraih gol penyama agregat pada menit ke-41. Umpan panjang dari belakang diterima Capoue, melewati Andy Robertson sebelum melayangkan umpan silang ke depan gawang.

Trent Alexander-Arnold terlambat melompat dan membiarkan Francis Coquelin menanduk bola ke gawang Alisson untuk menghidupkan asa tim Spanyol itu menuju final kompetisi elit klub Eropa itu.

Pasukan Yellow Submarine menjalani 45 menit pertama yang sempurna mengingat tugas berat membalikkan defisit dua gol setelah kekalahan pada leg pertama di Anfield.

Gelandang Villarreal Giovani Lo Celso (kiri) bersaing dengan gelandang Liverpool Thiago Alcantara saat pertandingan leg kedua semifinal UEFA Liga Champions antara Liverpool dan Villarreal di stadion La Ceramica, Villarreal, Spanyol, Selasa (3/5/2022). [Paul ELLIS / AFP]
Gelandang Villarreal Giovani Lo Celso (kiri) bersaing dengan gelandang Liverpool Thiago Alcantara saat pertandingan leg kedua semifinal UEFA Liga Champions antara Liverpool dan Villarreal di stadion La Ceramica, Villarreal, Spanyol, Selasa (3/5/2022). [Paul ELLIS / AFP]

Tanpa Roberto Firmino yang menepi sejak 19 April karena cedera kaki, Juergen Klopp kemudian memasukkan Luis Diaz untuk menggantikan Jota di paruh kedua.

Klopp telah mengingatkan timnya akan harus “menderita” apabila mereka ingin lolos ke Paris pada malam yang berat di Spanyol kali ini.

Liverpool mulai menciptakan peluang gol lebih banyak di paruh kedua setelah tendangan Alexander-Arnold dari jarak jauh mendarat di atas mistar gawang lawan, kemudian Diaz yang berupaya mencetak gol dengan tendangan voli namun masih melebar.

Dan pada menit ke-62 The Reds mendapatkan gol yang mereka inginkan saat Fabinho mendapat umpan terobos dari Salah dan menceploskan bola dari sudut yang cukup sempit melewati kedua kaki Rulli ke gawang.

Baca juga  UEFA Persilahkan Madrid, Barcelona, dan Juventus Keluar dari Liga Champions

Lima menit berselang, Diaz lolos jebakan offside dan merestorasi keunggulan dua gol agregat Liverpool memanfaatkan umpan silang dari Alexander-Arnold yang diteruskan dengan sundulan jarak dekat ke gawang Rulli.

Para pemain Villarreal terlihat kelelahan setelah segala upaya yang mereka lakukan pada paruh pertama dimentahkan oleh dua gol tersebut. Unai Emery melakukan sejumlah pergantian, memasukkan Samuel Chukwueze menggantikan Gerard Moreno dan Alfonso Pedrasa untuk Francis Coquelin.

Namun, Liverpool semakin memantapkan langkah mereka ke final lewat gol Sadio Mane pada menit ke-74 ketika Keita mengirim umpan lambung kepada Mane, saat sepuluh pemain Villareal bermain separuh lapangan, yang berhasil mengecoh Rulli serta tekel dari Juan Foyth sebelum menyarangkan bola ke gawang yang tak terkawal.

Capoue menerima kartu kuning keduanya setelah membuat pelanggaran atas Curtis Jones, membuat malam Villareal berantakan di kandangnya.

Di partai puncak 28 Mei nanti, Liverpool akan bertemu dengan Real Madrid atau Manchester City, yang akan menjalani leg kedua semifinal pada Rabu nanti. City memegang keunggulan agregat 4-3 dari leg pertama.

Susunan Pemain

Villarreal: Rulli, Estupinan (Manu 79), Torres, Albiol (Aurier 79), Foyth, Coquelin (Pedrasa 69), Capoue, Parejo, Lo Celso, Moreno (Chukwueze 70), Dia (Alcacer 81)

Liverpool: Alisson, Robertson (Henderson 81), Van Dijk, Konate, Alexander-Arnold, Thiago (jones 80), Fabinho (Milner 84), Keita, Jota (Luis Diaz 46), Mane, Salah

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.