banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Distribusi Narkoba Jenis Sabu ke Dalam Lapas Marak di Kalbar, Untung Petugas Sigap

Petugas P2U Lapas Kelas IIB Ketapang mengagalkan upaya distribusi narkoba jenis sabu oleh oknum warga kedalam Lapas, Selasa (19/4/2022) sore.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ketapang mengagalkan upaya distribusi narkoba jenis sabu oleh oknum warga kedalam Lapas, pada Selasa (19/4/2022) sore.

“Penggagalan masuknya narkoba  ini bermula saat seorang remaja yang berusia 19 tahun menitipkan 2 kantor plastik makanan kepada petugas P2U Lapas Ketapang, menurut anak tersebut makanan ditujukan untuk ayahnya yang sedang menjalani masa pidana didalam Lapas kelas IIB Ketapang,” ungkap Kepala Lapas kelas IIB Ketapang Ali Imran.

Ali Imran memaparkan, sekira pukul 15.45 WIB, remaja umur 19 tahun ini datang menitipkan makanan untuk ayahnya, petugas P2U kemudian melakukan pemeriksaan barang titipan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Ketika dilakukan pemeriksaan petugas menemukan barang diduga narkotika jenis sabu sebanyak 9 bungkus kecil yang dimasukkan kedalam 4 kemasan makanan ringan,” jelasnya.

Upaya distribusi narkoba jenis sabu ke dalam Lapas  Kelas IIB Ketapang itu kemudian ditindaklanjuti petugas P2U yang langsung melaporkan ke pimpinan. Petugas pun langsung mengamankan remaja tersebut dan melaporkan kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Kalimantan Barat.

Setelah menerima laporan adanya penggagalan masuknya Narkotika kedalam Lapas Kelas IIB Ketapang oleh petugas P2U, Kepala Divisi Pemasyarakatan Ika Yusanti memerintahkan untuk berkoordinasi dengan instasni terkait, yakni Polres Ketapang.

“Saya langsung perintahkan untuk berkoordinasi dengan Polres ketapang guna proses lebih lanjut,” ujar Ika.

Menurut Ika, dari pemeriksaan awal, remaja tersebut mengatakan bahwa 1 kantong makanan adalah milik seorang Ibu yang datang ke rumahnya menitipkan untuk disampaikan kepada suaminya, salah satu WBP Lapas kelas IIB Ketapang.

“Dari pemeriksaan awal pihak kepolisian barang yang dicurigai tersebut diduga narkotika jenis sabu dengan berat 2 ons. Remaja yang membawa barang titipan ini juga diamankan oleh pihak kepolisian guna pengembangan kasus tersebut.”ujarnya.

“Dari informasi yang diterima, pihak kepolisian telah menemukan dan mengamankan Istri dari WBP yang berusaha menyelundupkan Narkotika jenis kedalam Lapas Kelas IIB Ketapang dengan cara menitipkan makanan kepada remaja seorang remaja,” katanya menambahkan.

Kasus distribusi narkoba oleh oknum warga ke dalam Lapas di Kalimantan Barat memang masih marak terjadi belakangan ini. Menariknya, belum sepekan ini upaya oknum-oknum tak bertanggungjawab berupaya mendistribusikan paket narkoba ke Lapas Kelas IIB Singkawang.

“Namun upaya tersebut berhasil digagalkan dan diamankan petugas. Petugas Pengamanan Pintu Utama Lapas Kelas IIB Singkawang berhasil menggagalkan 42 paket sabu,” kata Humas Kanwil Kemenkumham Kalbar, Zulzaeni Mansyur ketika dikonfirmasi triggernetmedia.com, Rabu (20/4/2022).

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *