banner 120x600 banner 120x600

Makanan Buka Puasa Khas Lampung, Serbat Kweni hingga Gulai Taboh

Gulai Taboh, sajian makanan khas Lampung. (Instagram/@duniaindra)
banner 468x60

triggernetmedia.com – Ragam kuliner di Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Selain lezat, setiap daerah juga memiliki cita rasa tersendiri yang terkadang cukup unik, tidak terkecuali makanan khas Lampung. Pada Ramadhan kali ini, sudah coba makanan buka puasa khas Lampung apa saja?

Provinsi dengan jumlah penduduk Melayu yang cukup tinggi ini juga memiliki makanan khas buka puasa tersendiri yang mungkin tidak kamu temukan di tempat lain. Selain takjil-takjil kue manis, Lampung juga memiliki berbagai makanan dengan rasa rempah yang kuat.

Penasaran bisa mencicipi kuliner apa saja yang ada di Lampung? Yuk, intip 7 makanan buka puasa khas Lampung berikut, dinukil dari suara.com.

Ilustrasi buka bersama (Pexels/PNW Productions)
Ilustrasi buka bersama (Pexels/PNW Productions)

Serbat Kweni

Menu buka puasa tanpa kehadiran es rasanya masih kurang lengkap. Sebagai pilihan, kamu bisa mencoba serbat kweni khas Lampung.

Sesuai namanya, sajian es satu ini berbahan dasar mangga kweni. Dengan rasa sedikit asam, serbat kweni akan menambah kesegaran saat buka puasa.

Baca juga  Salat Ghoib Berjamaah di Masjid, Doakan Syekh Ali Jaber dan Korban Sriwijaya Air

Engkak

Sekilas, menu buka puasa khas Lampung satu ini terlihat seperti kue lapis. Bedanya, kue engkak memiliki rasa yang sedikit lebih legit.

Engkak sendiri terbuat dari campuran ketan putih, gula pasir, mentega, santan, dan susu kental. Kue satu ini sangat cocok disantap dengan kopi atau susu bersama keluarga.

Kue Segumpal

Kehadiran kue segumpal saat bulan Ramadhan di Lampung sepertinya sudah menjadi kewajiban. Makanan buka puasa khas Lampung satu ini terbuat dari beras ketan dan santan yang dibungkus dengan daun pisang. Kue segumpal juga biasa ditemukan saat perayaan adat.

Geguduh

Takjil khas Lampung selanjutnya adalah geguduh. Bagi pecinta makanan manis, sekali mencicipi geguduh, dijamin akan ketagihan. Makanan satu ini terbuat dari campuran pisang dan terigu dengan selai atau keju yang digunakan sebagai pelengkap.

Gulai Taboh

Jika sejatinya gulai selalu identik dengan protein daging, lain halnya gulai taboh khas Lampung. Gulai taboh justru terbuat dari umbi-umbian dan kacang-kacangan.

Baca juga  Tren Kasus Sepanjang Tahun 2020 di Wilayah Hukum Polres Ketapang

Kuahnya yang gurih semakin terasa lezat dengan tambahan terasi dan daun sirih. Meski begitu, gulai taboh juga akan terasa nikmat jika dipadukan dengan protein dari ikan.

Sekubal

Sekilas, makanan khas Lampung satu ini akan mengingatkan kita dengan lontong. Hanya saja, sekubal terbuat dari beras ketan yang telah dikukus dengan santan.

Makanan satu ini biasa disantap dengan gulai, kari, atau tape ketan, dan merupakan salah satu makanan paling dicari saat Lebaran.

Bekasam

Makanan buka puasa khas Lampung selanjutnya adalah bekasam. Sayangnya, sekarang cukup sulit menemukan makanan satu ini karena cara memasaknya yang terbilang lumayan susah.

Bekasam merupakan makanan yang terbuat dari ikan air tawar yang telah difermentasi. Sebelum difermentasi selama beberapa hari, ikan yang sudah dipotong-potong kecil akan dibumbui dengan garam serta dicampur dengan nasi.
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.