banner 120x600 banner 120x600

DPR Terima Aspirasi Dan Fasilitasi Tuntutan Mahasiswa Soal Penolakan Jabatan Presiden 3 Periode

Spanduk sindiran demo BEM SI (instagram.com/politicaljokesid/)
banner 468x60

triggernetmedia.com – Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan DPR siap menampung aspirasi mahasiswa terkait penolakan terhadap penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden atau jabatan presiden tiga periode.

Kata Puan, nantinya DPR siap untuk memfasilitasi apa yang menjadi tuntutan mahasiswa dengan pihak pemerintah.

Diketahui, sebelumnya mahasiswa melakukan aski demo di gedung DPR, Senin (11/4/2022) kemarin. Tiga Wakil Ketua DPR lantas menemui massa aksi di depan. Mereka di antaranya, Sufmi Dasco Ahmad, Lodewijk F. Paulus dan Rahmat Gobel telah menerima apa yang menjadi masukan dan tuntutan dari mahasiswa.

“Aspirasi mahasiswa tadi juga sudah diterima DPR dalam pertemuan perwakilan mahasiswa dengan pimpinan DPR,” kata Puan dalam keterangannya, melansir suara.com, Selasa (12/4/2022).

Sebelumnya, DPR memastikan bahwa tidak ada proses politik terkait penundaan pemilu maupun perpanjangan masa jabatan presiden tiga periode yang akan dibahas.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, semua itu baru sekadar wacana yang menyeruak di media, tidak di DPR.

Baca juga  Pengentasan Stunting Jadi Salah Satu Program Prioritas TP PKK di Landak

Hal itu ditegaskan Dasco usai menemui dan menerima langsung aspirasi dan tuntutan dari mahasiswa dalam aksi di depan Gedung DPR/MPR.

Menurut Dasco, DPR saat ini hanya melakukan proses politik yang sedang berjalan, yakni terkait pembahasan tahapan Pemilu 2024.

“Proses politik yang ada di DPR hari ini, sementara yang berjalan adalah proses politik tahapan pemilu. Jadi nggak ada proses penundaan, proses perpanjangan sehingga proses politik yang ada itulah yang akan tetap kita jalankan itu tahapan pemilu,” kata Dasco.

Baca juga  Bedanya Jalur SNMPTN dan SBMPTN? Ini Penjelasan dan Rincian Biaya Pendaftaran

Kata dia, dengan adanya pembahasan terhadap tahapan Pemilu 2024 maka dengan sendirinya wacana soal penundana Pemilu itu sendiri terbantahkan.

“Ya jelas. Kalau tahapan pemilunya jalan, gimana mau perpanjangan? Ini malah presiden melantik anggota KPU baru dan kita lanjut maraton kok tahapan pemilunya,” tegas Dasco.

Tuntutan Mahasiswa

Tuntutan mahasiswa kali ini menolak perpanjangan masa jabatan presiden, penundaan pemilu dan kenaikan harga bahan bakar minyak serta sembako.

Sebelumnya Koordinator Media BEM SI, Luthfi Yufrizal mengatakan, telah mengantisipasi kemungkinan adanya pihak yang menunggangi aksi ini dengan tujuan memicu kerusuhan. Upaya antisipatif ini salah satunya dengan membentuk tim keamanan yang bertugas melalukan penyaringan terhadap peserta aksi.

“Istilahnya harus hati-hati dengannya orang-orang yang menjadi cuma nebeng di aksi itu, cuman buat rusuh doang, harus di screening dengan teliti,” kata Luthfi saat dihubungi Sabtu (9/4) kemarin.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.