banner 120x600 banner 120x600

Aneka Menu Buka Puasa Khas Pekanbaru, Ada Mieso Sampai Es Laksamana Mengamuk

Es Laksmana Mengamuk asal Riau.[Suara.com/Panji Ahmad Syuhada]
banner 468x60

triggernetmedia.com – Ketika membicarakan bulan Ramadhan, salah satu hal yang terbayang adalah memilih menu untuk berbuka puasa. Kekayaan kuliner di Indonesia pun menjadi salah satu alasan kamu memiliki berbagai pilihan menu berbuka.

Jika kamu menyukai olahan ikan, menu buka puasa khas Pekanbaru bisa menjadi pilihan yang tepat. Meski begitu, kamu juga bisa menemukan es segar di Pekanbaru yang cocok untuk melepas dahaga.

Berikut 6 menu buka puasa khas Pekanbaru paling dicari saat berbuka

1. Ikan Kapiek Bakar

Olahan ikan menjadi salah satu andalan menu buka puasa di Pekanbaru. Di daerah Kabupaten Kampar, dikenal ikan kapiek bakar yang dikenal dengan kelembutan dagingnya berkat rendaman air garam dan jeruk nipis.

Selain lezat, makanan satu ini juga kaya akan gizi dan nutrisi. Ikan kapiek bakar paling cocok disantap dengan nasi putih, sambal, dan lalapan.

2. Mieso

Eits jangan salah menilai makanan yang terdengar mirip dengan bumbu dari negeri sakura ini. Mieso adalah menu kebanggaan Pekanbaru hampir mirip dengan soto mie bogor.

Baca juga  Diberitakan Terancam Gulung Tikar, Tamara Bleszynski Beri Sindiran Menohok

Makanan berkuah satu ini terdiri dari mie kuning, ayam, potongan tahu kering, dan tambahan tulang ayam.

Rasa kuahnya pun kaya akan rempah-rempah yang menggugah selera untuk berbuka.

3. Es Laksamana Mengamuk

Buka puasa paling cocok memang menggunakan es yang menyegarkan. Di Pekanbaru sendiri ada es laksamana mengamuk dengan bahan dasar buah kweni.

Rasanya yang manis dan segar sangat cocok untuk melepas dahaga di waktu berbuka. Es laksamana mengamuk dapat dengan mudah ditemukan di penjual takjil di berbagai sudut Pekanbaru.

4. Asam Pedas Ikan Baung

Sesuai dengan namanya, menu buka puasa khas Pekanbaru satu ini terbuat dari ikan baung yang bentuknya sedikit mirip dengan ikan lele. Kuah kuning hidangan satu ini memiliki cita rasa segar yang menggugah selera.

Salah satu tempat makan populer untuk menikmati asam pedas ikan baung adalah Pondok Asam Pedas Baung.

Baca juga  6 Menu Buka Puasa Khas Kalimantan, Aneka Kue Tradisional Jadi Andalan

5. Mie Lendir

Bagi kamu pecinta olahan mie, mie lendir menjadi salah satu menu khas Pekanbaru yang cocok dijadikan makanan berbuka puasa. Meski namanya terdengar cukup nyeleneh tapi kelezatan mie kuning dengan kuah kacang ini tidak perlu diragukan lagi.

Penyebutan lendir sendiri didapatkan dari kuah mie yang sangat kental. Selain menggunakan kacang, kuah mie lendir terbuat dari ubi dan rempah.

6. Gulai Ikan Patin

Olahan ikan bumbu kuning memang tidak pernah salah, gulai ikan patin dari Pekanbaru menjadi salah satu buktinya. Potongan ikan patin besar yang digunakan juga menjadi salah satu daya tarik dari hidangan satu ini.

Meski didominasi rasa kuah yang gurih, beberapa restoran di Pekanbaru juga menyediakan kuah dengan rasa pedas yang lebih kuat.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.