banner 120x600 banner 120x600

Negara-negara G7 Tolak Keras Bayar Gas Rusia Pakai Rubel

Ilustrasi mata uang Rubel. (Shutterstock)
banner 468x60

triggernetmedia.com – Kelompok G7, organisasi tujuh negara terbesar di dunia yang disebut memiliki ekonomi maju, pada Senin (28/3/2022) menolak keras permintaan Rusia bahwa mereka harus membayar pembelian gas dan minyak dengan mata uang Rusia, rubel.

“Ini tidak dapat diterima dan kami meminta perusahaan terkait untuk tidak memenuhi permintaan Presiden Rusia Putin,” kata Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck dinukil dari laman suara.com, Selasa (24/3/2022).

Baca juga  AS Frustasi Atas Sikap Netral India terhadap Invasi Rusia di Ukraina

Pernyataan dari pejabat Jerman itu datang setelah negara tersebut menjadi tuan rumah pertemuan konferensi video dengan para pejabat dari Kanada, Prancis, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat (AS).

“Semua menteri telah sepenuhnya setuju bahwa ini adalah langkah sepihak dan jelas melanggar kontrak yang ada,” ungkap Habeck.

Baca juga  Hari Ini Presiden Jokowi Terbang ke Bali, Tinjau Penanaman Mangrove dan Lokasi KTT G20

Presiden Rusia Vladimir Putin pekan lalu menginstruksikan pemerintah untuk menggunakan rubel dalam pembayaran pasokan energi ke “negara-negara yang tidak bersahabat” – negara-negara yang telah menjatuhkan sanksi terhadap Moskow.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.