banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Tonga Diterjang Tsunami Terdampak Letusan Gunung Berapi Bawah Laut

Indahnya Tonga, negara kepulauan yang diterjang tsunami. (Tourism Tonga)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Sebuah gunung berapi bawah laut, Hunga Tonga-Hunga Ha’apai di Tonga meletus dan menyebabkan tsunami pada Sabtu (15/1/2022). Letusan ini juga memicu gempa dan tsunami di beberapa daerah sekitarnya, seperti Jepang.

Tak banyak mengetahui tentang Tonga, negara eksotis yang terdiri dari kepulauan di barat daya Samudra Pasifik.

Melansir suara.com, Minggu (16/1/2022), negara bernama resmi Kerajaan Tonga ini memiliki sekitar 170 pulau yang dibagi menjadi tiga kelompok utama: Tongatapu di selatan, Haapai di tengah, dan Vavau di utara.

Tonga memiliki iklim semitropis kecuali di pulau-pulau paling utara. Pulau Eua, Kao, Tofua dan pulau-pulau akhir serta lereng dan puncak bukit Vavau memiliki tanah subur yang dikeringkan dengan baik dan mendukung hutan asli Tonga.

Negara anggota Persemakmuran sekaligus PBB ini memiliki ibu kota di Pulau Tongatapu yang disebut Nuku’alofa.

Keindahan alamnya juga menjadi habitat yang sempurna bagi beberapa spesies burung, seperti beo kesturi dada merah dan lory mahkota biru, yang dianggap sebagai burung terindah di Pasifik.

Hampir seluruh penduduk Tonga adalah keturunan Polinesia namun negaranya sangat unik dengan warga yang memiliki percampuran ras kompleks.

Mereka terkait erat dengan Samoa dan Polinesia lainnya dalam hal budaya dan bahasa serta warisan genetik.

Indahnya Tonga, negara kepulauan yang diterjang tsunami. (Tourism Tonga)
Indahnya Tonga, negara kepulauan yang diterjang tsunami. (Tourism Tonga)

Ada juga sejumlah kecil pengaruh Melanesia melalui kontak dengan Fiji dan beberapa memiliki darah Eropa akibat meningkatnya migrasi orang Tonga sejak tahun 1970-an.

Konstitusi Tonga, yang diberikan pada tahun 1875 oleh Raja George Tupou I membentuk sebuah monarki konstitusional. Kepala eksekutifnya adalah raja, yang memerintah melalui perdana menteri.

Raja sendiri memegang kekuasaan untuk mengangkat hakim, memberikan grasi dan meringankan hukuman penjara.

Negara ini memiliki budaya asli yang masih bertahan hingga saat ini, seperti membuat ukiran khas, tarian tradisional dan minuman dari akar lada yang memiliki sifat narkotika ringan. Tertarik berlibur di Tonga nan eksotis?

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *