banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Bupati Sis Luncurkan Buku Adat Istiadat Tamambalo Apalin

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan resmi meluncurkan Buku Adat Istiadat Tamambalo Apalin. Sabtu (18/12/2021).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, resmi meluncurkan Buku Adat Istiadat dan Hukum Adat Komunitas Masyarakat Adat Ketemenggungan Tamambalo Apalin tahun 2021di Desa Benua Tengah Kecamatan Putussibau Utara, di rumah Betang Sao Langke Adat Dai Bolong Pambean. Pada Sabtu (18/12/2021) pagi.

“Peluncuran Buku Adat Istiadat dan Hukum Adat Komunitas Masyarakat Adat Ketemenggungan Tamambalo Apalin ini merupakan amanah undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan permendagri nomor 18 tahun 2018 tentang lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat desa serta perda nomor 13 tahun 2018 tentang pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat,” jelas Bupati Sis.

Bupati Sis juga menekankan peluncuran buku adat istiadat dan hukum adat itu juga diharapkan mampu membentengi masyarakat dari pengaruh globalisasi.

“terutama anak-anak kita yang merupakan generasi penerus bangsa dari berbagai pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh derasnya arus informasi dan pengaruh globalisasi sekarang ini,” ujarnya.

Tradisi memuliakan tamu kehormatan dilingkungan Komunitas Masyarakat Adat Ketemenggungan Tamambalo Apalin tahun 2021di Desa Benua Tengah Kecamatan Putussibau Utara bertempat dirumah Betang Sao Langke Adat Dai Bolong Pambean. Pada Sabtu pagi (18/12/2021).

Pada kesempatan ini, Bupati Sis juga mengapresiasi pemuda diwilayah Ketemenggungan Tamambalo Apalin yang sudah mau menginisiasi pembuatan buku adat serta mengajak para tetua untuk untuk melakukan musyawarah dalam pembuatan buku adat.

“Adanya buku ini nanti akan sangat penting karena buku ini menjadi referensi serta literasi sesungguhnya Tamambalo Apalin dalam berinteraksi, berkehidupan dan berbudaya diwilayah ini,” sebutnya.

Atas nama pemerintah daerah kabupaten Kapuas Hulu, Bupati Sis memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam penulisan buku adat dan hukum adat tamambalo Apalin ini.

“buku ini adalah upaya kita untuk bisa melestarikan adat dan budaya agar dikenal oleh generasi mendatang serta tidak hilang oleh perubahan zaman.” pungkasnya.

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *