banner 120x600

Alasan Indonesia Disebut Negara Maritim, Selain Karena Luas Lautnya

Alasan Indonesia Disebut Negara Maritim, Selain Karena Luas Lautnya - Ilustrasi - Kapal Pinisi Prana by Atzaro yang Kerap Dipakai Artis
banner 120x600

triggernetmedia.com – Indonesia dikenal sebagai sebuah negara yang memiliki banyak pulau di dalamnya. Selain itu, Indonesia juga disebut sebagai negara maritim. Apa alasan Indonesia disebut negara maritim?

Berikut ini Suara.com bedah alasan Indonesia disebut negara maritim. Perlu kalian ketahui, maritim adalah suatu negara atau wilayah yang memiliki kawasan perairan lebih luas daripada kawasan daratan. Indonesia memiliki total 17.504 pulau yang menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

Lebih Luas Wilayah Laut daripada Daratan

Indonesia juga menjadi negara terbesar di Asia Tenggara yang memiliki total luas wilayah sebesar 5.180.083 km2 yang mencakup daratan dan lautan. Diantara luas tersebut, 2/3 kawasan Indonesia merupakan lautan dan 1/3 wilayahnya merupakan daratan.

Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km2 yang membentang panjang wilayah sebesar 3.977 mil. Sementara itu, luas lautan Indonesia yakni 3.257.483 km2.

Luas laut daripada daratan menjadikan kekuatan utama Indonesia dalam sektor perikanan. Maka dari itu Indonesia disebut negara maritim.

Masyarakat Indonesia Memanfaatkan Kekayaan Laut 

Dikutip dalam jurnal “Penyelenggaraan Pembangunan NKRI Menuju Negara Maritim Berdasarkan Prinsip Negara Kepulauan” oleh dari Aryono Putra dan Yasser Arafat menyatakan bahwa negara maritim adalah negara yang mempunyai sifat memanfaatkan laut untuk kejayaan negaranya. Sedangkan negara kelautan lebih menunjukkan kondisi fisiknya, yaitu negara yang berhubungan, dekat dengan atau terdiri dari laut.

Alasan Indonesia disebut negara maritim ini adalah Indonesia memiliki wilayah perairan yang luas sehingga membuat Indonesia dipenuhi keanekaragaman sumber daya laut yang dapat dimanfaatkan oleh para nelayan dan masyarakat pesisir.

Indonesia juga memiliki potensi wisata maritim terbesar di dunia. Masyarakat dapat mengembangkan objek wisata alam seperti snorkeling dan diving untuk memperlihatkan keindahan bawah laut Indonesia yang kaya akan biota laut.

Tak heran, pulau-pulau di Indonesia dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga dapat bermanfaat bagi perekonomian negara.

Kedekatan Budaya Indonesia dengan Laut

Selain itu, alasan Indonesia disebut negara maritim karena banyak masyarakat Indonesia yang bekerja sebagai nelayan dan pelaut. Mereka memanfaatkan kawasan laut sebagai lokasi mata pencaharian setiap harinya.

Nah, dari sanalah Indonesia memiliki berbagai budaya dan suku bangsa yang berhubungan dekat dengan laut dan kemaritiman. Banyak suku budaya dan masyarakat dari Sabang hingga Merauke yang memiliki kedekatan dengan laut.

Misalnya Suku Bajo yang tinggal di kawasan taman nasional di Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah. Mereka disebut pengembara laut. Bahkan di beberapa komunitas masyarakat, termasuk budaya Jawa juga mengenal tradisi sedekah laut.

Itulah alasan Indonesia disebut negara maritim. Semoga banyak upaya yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga dan melestarikan kawasan laut dan perairan agar Indonesia tetap menjadi poros maritim dunia.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *