banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Disdikbud Kota Pontianak Tingkatkan Kompetensi Peran Tutor di Masa Pandemi

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak Syahdan Lazis.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak belum lama ini menyelenggarakan Pelatihan Tutor Kesetaraan Paket A, Paket B, dan Paket C.

“Kegiatan ini diselenggarakan oleh bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak,” kata Kadisdikbud Kota Pontianak Syahdan Lazis, Senin (28/6/2021).

Kegiatan Pelatihan Tutor Kesetaraan Paket A, Paket B, dan Paket C, sebut Syahdan, diselenggarakan di Hotel Golden Tulip dengan mengadirkan pemateri Bapak Eddy Rusianto, S.Pd.

“Materi yang disampaikan adalah Kompetensi dan Peran Tutor dimasa Pandemi Covid-19 dalam menyukseskan Merdeka Belajar dan Pelajaran Tatap Muka,” jelasnya.

Menurut Syahdan, Kompetensi merupakan standar kemampuan untuk menjadi tutor.

“Kompetensi dapat dijabarkan menjadi 4, yaitu Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Kepribadian,” ujarnya.

Ia menegaskan, untuk menjadi tutor yang kompeten, para calon tutor harus mengetahui dan memahami 4 Kompetensi tersebut.

Kompetensi Profesional, sambungnya, yaitu kecakapan seorang guru dalam mengimplementasikan hal-hal yang terkait dengan profesionalisme yang terlihat dalam kemampuannya dalam mengembangkan tanggungjawab melaksanakan peran dengan baik, serta berusaha mencapai tujuan pendidikan dan melaksanakan perannya dalam pembelajaran dikelas.

Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik.

Kemudian,kompetensi Sosial yaitu, kemampuan guru dalam beritlnteraksi dengan siswa, orang tua siswa, rekan seprofesi dan lingkungan, baik secara langsung maupun tidak langsung contoh dari kompetensi sosial ini ialah komunitas yang baik kepada siswa maupun orang tua siswa. Kemudian Kompetensi Kepribadian berkaitan dengan karakter personal.

“Ada indikator yang mencerminkan kepribadian positif seorang guru yaitu: supel, sabar, disiplin, jujur, rendah hati, berwibawa, santun, empati, ikhlas, berakhlak mulia, bertindak sesuai norma sosial & hukum, dan lainnya,” jelasnya.

“Seorang tutor harus membuat kinerja tutor seperti, jadwal mengajar sebagai bahan acuan, silabus, kalender pendidikan, program tahunan, program semester, RPP, bahan ajar, kisi-kisi atau instrumen penilaian, program remedial, program pengayaan, buku nilai, memiliki buku guru/siswa.

“termasuk bagaimana kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan secara tatap muka antara peserta didik dengan pendidik,” paparnya.

 

Pewarta : Dhesta
Editor : Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *