banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Wajib Tahu! Begini Seragam Tes CPNS yang Harus Dipakai

Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan (keempat dari kanan di barisan depan), tampak duduk bersebelahan dengan pebulutangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad, saat mengikuti tes ujian CPNS di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN), Cawang, Jakarta, Rabu (28/11/2018).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Tidak dapat dipungkiri, seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memang sangat ketat, mulai dari tingkat soal yang cukup sulit, banyaknya jumlah pendaftar, dokumen yang beragam, hingga munculnya ketentuan aturan tambahan. Jadi, kalau kamu ingin mendaftar CPNS 2021, aturan yang diberlakukan mulai dari proses seleksi hingga seleksi berlangsung wajib diikuti.

Pastikan kamu mencari tahu terlebih dahulu terkait syarat wajib yang ditetapkan. Jangan sampai kamu gugur pada saat penentuan syarat awal pendaftaran, misalnya karena melanggar batas usia, keterlibatan dengan partai politik, dan lain sebagainya.

Setelah itu, kamu bisa meneruskan ke proses selanjutnya, yaitu mengumpulkan dokumen pendaftaran untuk seleksi administrasi. Karena tidak ada proses tanya-jawab ataupun wawancara pada tahap paling awal ini, maka kamu bisa memaksimalkan kelengkapan dokumen dan memeriksanya sebelum melakukan submit.

Selama dokumen yang kamu kirimkan lengkap dan sesuai dengan syarat, maka peluang lolos pada tahap ini juga akan besar.

Tahap selanjutnya yang juga penting untuk dipersiapkan dengan matang adalah tes SKD dan tes SKB. Peserta CPNS akan diminta mengerjakan soal SKD di lokasi pilihannya, dan apabila peserta dapat melewati passing grade atau batas yang ditetapkan, maka peserta bisa menempuh seleksi tes SKB.

Bekal untuk berhasil melalui kedua tes tersebut tentu saja pengetahuan dan kesiapan belajar. Namun, ada hal yang tidak kalah pentingnya agar kamu diizinkan mengikuti tes SKD dan SKB, yaitu penggunaan baju atau seragam tes CPNS.

ATURAN SERAGAM TES CPNS

Saat menjalani tes CPNS, baik saat tes SKD maupun saat tes SKB, terdapat aturan penggunaan baju untuk para peserta.

Seragam peserta CPNS laki-laki

  1. Kemeja berwarna putih polos (dimasukkan ke dalam celana)
  2. Celana bahan warna hitam, hindari menggunakan celana ketat
  3. Menggunakan ikat pinggang berwarna hitam
  4. Sepatu pantofel dan kaos kaki warna senada
  5. Menata rambut dengan rapi.

Seragam peserta CPNS perempuan

  1. Kemeja berwarna putih polos (dimasukkan ke dalam celana atau rok)
  2. Celana atau rok bahan warna hitam di bawah lutut, dan hindari menggunakan rok mini atau celana ketat.
  3. Sepatu pantofel dan kaos kaki warna senada
  4. Untuk peserta perempuan yang menggunakan jilbab, sebaiknya gunakan jilbab berwarna hitam.
  5. Untuk peserta perempuan yang tidak menggunakan jilbab, maka rambut ditata rapi dan lebih baik jika diikat.

Syarat untuk mengikuti seleksi CPNS tidak hanya ditentukan dari kesiapan dokumen atau kesiapan ketika akan menjalani tes saja.

Namun ada aturan tertulis maupun tidak tertulis yang wajib dipatuhi oleh setiap peserta agar tidak mendapatkan sanksi. Salah satunya adalah terkait seragam tes CPNS seperti yang telah dijelaskan di atas.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *