banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Malam Nuzulul Quran, Malam Istimewa Turunnya Kitab Suci Al Quran

Malam Nuzulul Quran - Ilustrasi Al Quran
banner 120x600

triggernetmedia.com – Malam Nuzulul Quran jatuh di pertengahan bulan Ramadhan tepatnya memasuki tanggal 17. Tahun 1442 H ini Nuzulul Quran 2021 akan digelar pada 29 April 2021.

Malam ini paling dinantikan umat Islam karena tepat terjadi peristiwa besar dalam sejarah agama Islam, yaitu malam turunnya kitab suci Al Quran.

Berbeda dengan kitab suci sebelumnya, Al Quran diturunkan secara bertahap atau berangsur-angsur sesuai kebutuhan dan persoalan yang dihadapi umat Islam.

Diceritakan pada malam 17 Ramadhan, malaikat Jibril menyampaikan wahyu Al Quran kepada Nabi Muhammad di Gua Hira. Kemudian meminta Nabi Muhammad untuk Iqra’ (bacalah) tertuang dalam Surah Al Alaq ayat 1-5.

Lalu apa saja amalan, keutamaan, hadist dan doa mengenai malam Nuzulul Quran? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Dasar Peristiwa Nuzulul Quran

Peristiwa malam Nuzulul Quran telah dijelaskan dalam Surah Al Baqarah ayat 195 yang memiliki arti, “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan permulaan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan batil)”.

Nuzulul Quran juga erat kaitannya dengan Lailatul Qadar, yakni malam yang penuh berkah dan kemuliaan. Seperti yang dijelaskan dalam Surah Al Alaq ayat 1-5 yang artinya:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Keutamaan dan Amalan Malam Nuzulul Quran

Keutamaan malam Nuzulul Quran adalah kita dapat merenungi peristiwa bersejarah turunnya kitab suci Al Quran dengan meningkatkan amalan yang berlipat0lipat pahalanya.

Umat Islam berlomba-lomba perbanyak amalan baik dengan membaca Al Quran minimal khatam satu kali selama Ramadhan untuk meningkatkan pahala. Selain itu, seluruh umat Islam didorong untuk lebih memperdalam setiap perintah dan larangan Allah yang tercantum di dalam Al Quran.

Tidak hanya membaca Al Quran, umat Islam juga dapat melakukan amalan baik lainnya di malam penuh berkah ini mulai dari berdzikir,berdoa, I’tikaf di masjid, dan ibadah sholat malam.

Dengan memahami makna malam Nuzulul Quran sebagai hari penting dalam bulan Ramadhan. Semoga kita bisa senantiasa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan istiqomah dengan meningkatkan amalan-amalan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *