banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

TPQ Penting Bentuk Kepribadian Anak Dalam Kehidupan Beragama

Wakil Bupati Ketapang, H. Farhan menghadiri Wisuda Tahfidz Qur’an Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Tilawatil Qur’an angkatan ke-2 di aula Dinas Pertanian Ketapang, Minggu (4/4/2021).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Wakil Bupati Kabupaten Ketapang, H Farhan, menyatakan, wisuda santri TPQ mempunyai arti penting membentuk kepribadian anak dalam kehidupan beragama. TPQ merupakan salah satu tempat mendidik dan membina anak guna memperdalam isi kandungan Al-Qur’an.

“Membaca Al-Qur’an tidak saja merupakan ibadah, tetapi diharapkan anak dilatih untuk memahami dan mengamalkannya,” ungkapnya dalam acara wisuda Tahfidz Qur’an Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Tilawatil Qur’an angkatan ke-2 di Aula Dinas Pertanian Ketapang, Minggu (4/4/2021).

Kekinian, sambung Farhan, TPQ telah tumbuh dan berkembang hingga ke desa-desa sebagai peningkatan dari cara pengajaran membaca Al-Qur’an. Terlebih bangsa Indonesia yang memang sangat memerlukan generasi yang memiliki pengetahuan dan wawasan keagamaan.

“Bangsa kita memang memerlukan generasi muda yang maju dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi kemajuan itu idialnya harus diimbangi dengan pengetahuan di bidang keagamaan,” ujarnya.

Dengan semakin bertambahnya santri yang diwisuda setiap tahun, ia pun mengaku senang. Menurutnya, hal demikian itu menunjukkan bahwa kesadaran para orangtua dalam memberikan pendidikan agama kepada anak-anaknya sudah menjadi kebutuhan dan penting.

“Peran serta orang tua sangat penting dalam upaya meningkatkan pendidikan agama, karena pendidikan bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah dan guru, melainkan juga menjadi tanggungjawab bersama orang tua dan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, pimpiman TPQ Tilawatil Qur’an, Ustadz Dedy Susanto mengatakan, wisuda Tahfidz Qur’an kali ini diikuti 34 santri, mulai dari tingkat TKA, TPA, TQA.

“Wisuda tahfidz quran juz 30, serta 2 juz baik tingkat TKA, TPA, dan TQA yang diikuti sejumlah 34 santri di tingkat TKA sebanyak 7 santri, tingkat TPA 18 santri, tingkat TQA 1 juz 10 santri dan 2 juz 2 orang santri,” jelasnya.

 

Pewarta : Jhon

Editor : Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *