banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Bupati Ketapang Tetapkan Status Siaga Kabut Asap

Bupati Ketapang, Martin Rantan (dok)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Pemerintah Kabupaten Ketapang telah menetapkan status siaga kabut asap. Mengingat Kabupaten Ketapang menjadi salah satu daerah di Kalimantan Barat yang rawan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) hingga berdampak pada kualitas udara dan kelangsungan hidup manusia.

“Melalui atensi bapak Gubernur, kita merespon supaya kabupaten Ketapang ini ditetapkan sebagai siaga kabut asap, hal ini karena memang potensi kebakaran hutan dan lahan di kabupaten Ketapang masih tinggi intensitasnya,” kata Bupati Ketapang, Martin Rantan, Selasa (1/3/2021).

Martin menegaskan, dengan ditetapkannya siaga kabut asap di Kabupaten Ketapang, dapat menjadi referensi pemerintah Provinsi Kalbar dan Pemerintah Pusat untuk memberikan bantuan dalam hal penanganan kebakaran hutan dan lahan.

“Penanganan kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap tidak dapat ditanggulangi oleh kabupaten secara mandiri, namun harus terintegrasi antara Pemprov dan Pemerintah Pusat,” ujar Martin.

Apel Gabungan Satgas Karhutla Kabupaten Ketapang Tahun 2021

“Ini bisa menjadi referensi Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk memberikan bantuan. Tetapi kalau kita misalnya tidak ada status siaga kabut asap, tiba-tiba kita minta bantuan, susah. Jadi kita tetapkan dulu, makanya Pemerintah kabupaten Ketapang menetapkan siaga kabut asap dengan tujuan ini bisa direspon oleh pemerintah pusat,” jelasnya lagi.

Selain kabupaten Ketapang, kabupaten Sanggau juga menjadi kabupaten yang menetapkan siaga kabut asap di Kalimantan Barat. Martin rantan berharap kabupaten Kubu Raya juga segera menetapkan siaga kabut asap, karena memang saat ini Kubu Raya menjadi daerah yang rawan kabut asap akibat Karhutla.

“Harusnya Kubu Raya juga menetapkan siaga kabut asap, karena di sana banyak gambut juga, jadi mudah-mudahan Bupati Kubu Raya juga segera menetapkan siaga kabut asap,”pungkasnya.

 

Jhon I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *