banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

5 Ornamen Wajib Untuk Meriahkan Imlek, Beserta Maknanya

Ilustrasi Imlek.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Tahun Baru Imlek menjadi perayaan nasional terbesar di banyak negara setiap tahunnya, tak terkecuali Indonesia. Kemeriahan semakin dirasakan saat beragam ornamen cantik khas Imlek mulai menghiasi seluruh kota.

Nah, tahukah kamu jika beragam ornamen Imlek ini memiliki makna yang mendalam bagi banyak orang beretnis China di dunia? Ya, beberapa di antaranya bahkan dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan terbesar di tahun yang baru.

 

Ingin tahu apa saja ornamen cantik saat Imlek dan maknanya? Berikut daftarnya dilansir The Honey Combers.

1. Lampion merah

Ilustrasi Lampion Imlek (shutterstock)

Lampion merah biasa ditemukan tergantung di luar pertokoan dan pintu rumah masyarakat China di tahun baru. Ternyata, lampion merah ini bukan hanya hiasan semata, lho. Lampion merah ini digantung untuk melambangkan kebahagiaan dan diyakini bisa mengusir kesialan. Ini adalah salah satu dekorasi Tahun Baru Imlek paling ikonik yang mudah kita lihat di seluruh kota.

2. Petasan China

Petasan China. (Pixabay)

Biasanya, etnis Tionghoa akan memulai tahun baru dengan ledakan untuk mengusir roh jahat dengan petasan yang meriah. Tak heran jika kamu akam menemukan petasan China yang digantung di luar banyak tempat pada Tahun Baru China ini.

Petasan merah dan emas ini juga digunakan untuk mewakili perayaan bahagia dan memulai tahun dengan semangat sekeras suara petasan. Secara tradisional, petasan akan dinyalakan di depan rumah dan toko keluarga untuk mengusir dan menakuti hantu dan roh jahat pergi.

3. Couplet pintu

couplet tahun baru imlek. (Elements Envato)

Tempelan beberapa couplet merah di pintu depan rumah dimaksudkan untuk keberuntungan tahun baru ini. Couplet berwarna merah dan emas ini memiliki pesan kemakmuran, keberuntungan, kesehatan dan keberuntungan.

Couplet cenderung ditempel di dalam ruangan, seperti ruang tamu atau ruang keluarga , tetapi juga dapat ditemukan di pintu masuk utama ke rumah, toko, sekolah, bisnis, dan lainnya.

4. Amplop merah

Ilustrasi angpau Imlek. (Elements Envato)

Biasanya, mereka yang merayakan Imlek juga akan menghiasi pohon kumquat, pohon mandarin, atau pohon jeruk dengan beberapa amplop merah untuk mendapatkan lebih banyak keberuntungan.

Amplop merah juga biasanya digunakan sebagai amplop uang oleh orangtua dan kerabat yang sudah menikah untuk diberikan kepada anak kecil dan pemuda yang belum menikah. Tujuannya untuk mendoakan mereka mendapatkan kemakmuran dan kekayaan. Amplop merah digunakan sebagai cara untuk mewakili kekayaan tambahan, kemakmuran, dan keberuntungan.

5. Pohon kumquat, jeruk dan pohon Mandarin

Pohon kumquat. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Kumquat memiliki makna keberuntungan dan melambangkan kemakmuran karena terdengar seperti emas dalam bahasa Kanton dan Mandarin. Dengan simbolisme ini, pohon kumquat sering dibawa saat Tahun Baru dan ditempatkan di banyak rumah untuk menyambut kekayaan, keberuntungan, dan kemakmuran keluarga.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *