banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Obat Sariawan Alami, Aman untuk Anak-anak

Ilustrasi sariawan.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Sariawan merupakan penyakit yang sangat menggangu aktivitas harian Anda. Sariawan bisa muncul di pipi dalam, lidah, hingga bibir.

Pada anak-anak, sariawan bisa membuatnya malas makan hingga bicara. Lalu, apa obat sariawan alami yang aman digunakan anak-anak?

Dilansir Hello Sehat, sejumlah bahan-bahan ini bisa digunakan sebagai obat sariawan. Ini daftarnya:

1. Madu

Madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, termasuk sebagai obat sariawan alami.

Cara menggunakannya pun mudah, cukup mengoleskan madu di tempat yang mengalami sariawan.

 

2. Air garam

Berkumur dengan air garam selama kurang lebih 1-2 menit dapat menjadi obat sariawan yang ampuh.

Hal ini karena garam memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk mencegah sariawan Anda berkembang makin parah.

 

Selain itu, garam juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Tidak hanya sebagai obat sariawan alami, garam bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut.

Untuk membuat larutan air garam, cukup tambahkan satu setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat.

Aduk rata, lalu kumur-kumur air di dalam mulut dan jangan ditelan.

Segera buang setelah selesai dan bilas dengan minum air putih. Ulangi berkumur air garam beberapa kali dalam sehari sampai sariawan terlihat mengempis.

 

3. Kelapa

Kelapa diyakini mampu menjadi obat sariawan alami di area lidah atau bibir. Kelapa bekerja mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan.

Lalu, manfaat lain dari kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh. Di mana pada beberapa kasus, panas dalam diyakini sebagai salah satu penyebab timbulnya sariawan.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat sariawan alami sebenarnya cukup mudah. Campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa, lalu oleskan ramuan tersebut di luka sariawan Anda. Ulangi sebanyak 3-4 kali dalam sehari, sampai sariawan mulai tampak mengempis.

 

4. Lidah buaya

Satu sariawan di lidah atau area lainnya bisa membuat seluruh mulut Anda terasa tak nyaman dan panas. Obat sariawan alami lainnya yang bisa Anda manfaatkan adalah lidah buaya.

Untuk itu, siapkan daun lidah buaya asli dan cuci sampai bersih. Kemudian, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan Anda. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali sehari.

 

Lidah buaya ampuh untuk menghilangkan sariawan di lidah karena fungsinya sebagai antiperadangan dan pereda nyeri alami.

 

5. Es batu

Dalam beberapa hari, sariawan di area mulut Anda bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar sariawan cepat kempis dan sembuh, coba untuk mengompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut.

Rasa sejuk yang berasal dari es batu bisa menjadi obat sariawan alami karena dapat meringankan rasa nyeri. Jika sulit, kulum es batu pada bagian lidah yang terdapat sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut.

 

Sumber : Suara.com

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *