banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Digitalisasi Sekolah 2021, Kemendikbud Anggarkan Rp 3 T untuk Beli Laptop

Ilustrasi Laptop. [Suara.com/Tivan Rahmat]
banner 120x600

triggernetmedia.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menganggarkan uang sebesar Rp 3 triliun untuk program digitalisasi sekolah pada 2021.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Dirjen Paudasmen) Kemendikbud, Jumeri menjelaskan setiap sekolah nanti akan menerima 15 laptop dan satu access point.

“Total dana yang diinginkan untuk digitalisasi sekolah ini sebenarnya mencapai Rp 15 triliun, namun untuk setiap tahunnya baru bisa dianggarkan Rp 3 triliun. Tahun depan anggaran untuk digitalisasi sekolah Rp 3 triliun. Fokusnya untuk pembelian laptop,” kata Jumeri dalam keterangannya.

Jumeri menegaskan laptop yang akan diberikan nanti dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seperti untuk asesmen kompetensi minimun, asesmen nasional, praktikum dan lain sebagainya.

Baca Juga:Pemkot Surabaya Mulai Agendakan Pembukaan Sekolah di Tengah Pandemi

Selain pengadaan alat elektronik (laptop), Kemendikbud juga akan membuat platform agar guru bisa dengan mudah mengunduh kurikulum dan memilih kurikulum dalam bentuk modul-modul sehingga proses pembelajaran lebih efisien.

“Begitu jadinya. Digitalisasi sekolah itu bukan hanya penyediaan sarana TIK tetapi juga mempermudah guru untuk memilih apa yang paling cocok untuk anaknya,” ucap Mendikbud Nadiem Makarim.

Program digitalisasi sekolah ini, kata Nadiem akan dimulai tahun depan telah mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo untuk dikerjakan bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Kemenkominfo dalam hal ini akan memenuhi kebutuhan jaringan internet di semua wilayah sasaran, sementara Kemendikbud akan memastikan ada alat yang bisa digunakan di setiap sekolah.

“Jadi itu yang pasti akan kita dorong untuk tahun depan, digitalisasi sekolah,” pungkas Nadiem.

Baca Juga:Mendikbud Tinjau Pembangunan SMK di Palu yang Terdampak Gempa 2018

Sumber : Suara.com

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *