Potensi Resesi AS Dorong Penguatan Nilai Tukar Rupiah

  • Bagikan
Nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar AS.
banner 468x60

triggernetmedia.com – Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memprediksi pergerakan nilai tukar rupiah awal pekan ini bisa menguat terhadap dolar AS.

Menurut pengamatannya, nilai tukar rupiah mungkin masih akan mendapatkan sentimen positif dari indikasi kebijakan pelonggaran moneter yang lebih lama dan mungkin lebih agresif dari Bank Sentral AS untuk membantu pemulihan ekonomi AS.

Hal ini lanjutnya, seperti yang diungkapkan Gubernur The Fed dalam pidato di pertemuan online para pejabat bank sentral dunia Kamis pekan lalu.

Baca juga  Ekonomi RI 2020 Minus 2 Persen, Terburuk Sejak Krismon 1998

Ia menambahkan, sikap The Fed ini mendorong pelemahan nilai tukar dolar AS dan bisa membantu penguatan aset berisiko termasuk rupiah.

Di sisi lain, tutur Ariston, penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS bisa tertahan karena kekhawatiran potensi resesi dan penularan covid-19 yang meninggi.

“Potensi penguatan rupiah terhadap dolar AS hari ini di kisaran Rp 14.550 – Rp 14.750,” ujar Ariston dalam riset hariannya, Senin (31/8/2020).

Berdasarkan data Bloomberg pergerakan rupiah pada Jumat pekan kemarin (28/8/2020) berada di level Rp 14.632 per dolar AS. Level itu menguat dibanding pergerakan kamis sebelumnya di level Rp 14.660 per dolar AS.

Baca juga  Sehari Puluhan Orang di India Tewas Disambar Petir

Sementara itu, berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia, rupiah pada Jumat pekan kemarin berada di level Rp 14.702 per dolar AS. Posisi itu menguat dibandingkan pada Kamis sebelumnya yang di level Rp 14.714 per dolar AS.

Sumber : Suara.com

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *