banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Ratusan Rumah di Mempawah Dapat Bantuan Perbaikan Rumah

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan I Direktorat Jenderal Perumahan PUPR, Andy Suganda, meluncurkan Program BSPS 2020 di Kabupaten Mempawah, Kamis (6/8/2020). (Dok : PUPR).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Ratusan rumah di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat mendapatkan bantuan perbaikan rumah melalui Program bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR.

Program BSPS, yang lebih dikenal dengan bedah rumah ini diharapkan dapat mengurangi jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) di daerah tersebut.

“Tahun ini, Kementerian PUPR menyalurkan bantuan perbaikan rumah untuk 146 unit RTLH di Kabupaten Mempawah,” ujar Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Andy Suganda, saat meluncurkan Program BSPS Tahun 2020 di Kabupaten Mempawah, Kamis (6/8/2020).

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pembongkaran rumah tidak layak huni milik masyarakat untuk ditingkatkan kualitasnya. Proses pembongkaran rumah dipimpin oleh  Bupati Kabupaten Mempawah, Kementerian PUPR, anggota kepolisian Polres Mempawah, dan masyarakat.

BP2P Kalimantan I juga melakukan penyerahan buku tabungan Program BSPS kepada para calon penerima bantuan.

Dalam penyaluran program tersebut, PUPR bekerja sama dengan sejumlah bank penyalur, dan nantinya bantuan akan diserahkan kepada penerima berupa bahan material bangunan dan upah tukang.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Andy Suganda saat meluncurkan Program BSPS Tahun 2020 di Kabupaten Mempawah, Kamis (6/8/2020). (Dok : PUPR).

Andy menerangkan, penyaluran Program BSPS tersebut tersebar di dua kecamatan, antara lain Kecamatan Sungai Kunyit sebanyak 54 unit dan Kecamatan Mempawah Hilir sebanyak 92 unit. Penyaluran Program BSPS juga telah dilaksanakan Ditjen Perumahan pada tahun 2019 lalu.

Tahun lalu, jumlah unit rumah yang mendapatkan bantuan peningkatan kualitas rumah tidak layak huni sebanyak 390 unit rumah.

“Kami ingin agar nantinya ada percontohan bahwa ada Kecamatan yang benar-benar tuntas dari RTLH,” harapnya.

Berdasarkan data yang ada, jumlah RTLH di Kabupaten Mempawah pada 2020  sebanyak 6.619 unit.

Bupati Kabupaten Mempawah, Hj. Herlina berharap, PUPR dapat memberikan lebih banyak bantuan Program BSPS di daerahnya, karena masyarakat yang tinggal di daerah pesisir Kabupaten Mempawah masih banyak tinggal di rumah yang tidak layak huni.

“Lokasi ini merupakan kawasan strategis nasional karena terdapat pelabuhan Internasional Temajo. Kami harap, Kementerian PUPR bisa menambah jumlah bantuan Program BSPS,” katanya.

Warga penerima manfaat bantuan Program BSPS, Sabran menyatakan, sangat berterimakasih karena rumahnya akan ditingkatkan kualitasnya.

“Terima kasih kepada Kementerian PUPR, yang telah memberikan bantuan perbaikan rumah. Dulu rumah kami hanya beratap rumbia, berlantai papan sekarang jadi lebih layak huni,” ujarnya.

Sumber : Suara.com

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *