banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Pemkot Pontianak Akan Rapid Test Seluruh ASN

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memberikan keterangan pers,
banner 120x600

triggernetmedia.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berencana melakukan rapid test terhadap seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya. Termasuk menyasar ke pasar-pasara atau tempat umum.

“Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memetakan penyebaran covid-19 di Kota Pontianak. Rapid test ini akan kita lakukan terhadap seluruh ASN di lingkungan Pemkot Pontianak,” kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Kamis (20/5/2020).

Ia menambahkan, beberapa waktu lalu juga telah dilakukan rapid test terhadap eselon II, camat dan lurah. Selanjutnya, rapid test akan dilakukan terhadap eselon III dan IV. Setelah itu, seluruh staf di lingkungan Pemkot Pontianak yang rentan.

Sebelumnya, lanjut dia, pihaknya sudah melakukan rapid test terhadap anggota Satpol PP Kota Pontianak dan Dinas Perhubungan Kota Pontianak. Hasil rapid test yang dilakukan terhadap mereka menunjukkan non reaktif.

“Rapid test tersebut dilakukan agar kita bisa memetakan sebaran covid-19,” ungkapnya.

Edi menyebut, dalam beberapa kasus justru orang yang berdiam di rumah menunjukkan hasil rapid test reaktif. Sebaliknya, ASN yang beraktivitas di kantor malah sedikit yang menunjukkan hasil rapid test reaktif.

“Sehingga menimbulkan tanda tanya, kemungkinan ASN tersebut keluyuran,” ucapnya.

Menurutnya, Pemkot Pontianak akan terus aktif melakukan penelusuran ASN yang sangat rentan tertular COVID-19. Apabila ada ASN hasil rapid testnya reaktif, pihaknya akan melakukan upaya protokol kesehatan dengan mengisolasi bersangkutan.

“Kita akan memberikan informasi makanan cocok untuk kesembuhan, sehingga rapid testnya non reaktif,” ujar Edi.

Dirinya menyampaikan, virus corona bukan merupakan aib. Siapapun memiliki potensi untuk terkena COVID-19, tidak terkecuali, dari pejabat tinggi hingga masyarakat biasa. Ia pun mengingatkan agar penderita COVID-19 ditolong dan diberikan semangat sehingga membantu mereka lekas pulih.

“Coba bayangkan, mereka sudah terpapar virus yang tidak diinginkan, kemudian tertekan dari stigma masyarakat, sudah itu diisolasi lagi,” katanya.

Jim I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *