banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Catat, 10 Hal Sepele Ini Bikin Anda Dipandang Tak Profesional dalam Bekerja

Ilustrasi karyawan dan atasan di kantor, karier karyawan, pekerja kantor. [Shutterstock]
banner 120x600

triggernetmedia.com – Meski mungkin tidak disadari, kerap kali ada hal-hal sepele yang membuat seseorang itu menjadi terlihat tidak profesional saat bekerja. Nah, apakah Anda sendiri merasa sudah cukup profesional di tempat kerja?

Tentu saja, sangat penting bagi Anda pekerja untuk mengenali apa saja yang mungkin sudah menjadi kebiasaan dan tanpa disadari membuat Anda terlihat tidak profesional. Anda pastinya tidak mau mendapat citra buruk di kantor, bukan?

Untuk mengetahuinya, cek hal-hal sepele yang bisa membuat Anda tampak tidak profesional saat bekerja berikut itu, seperti dinukil laman suar.com.

1. Julid dengan Penampilan Teman Kerja Lainnya

Saat berada di kantor, sebaiknya Anda bisa lebih menjaga ucapan. Jangan sampai Anda memperlihatkan ketidakprofesionalan dengan mengomentari penampilan teman kerja. Meski mereka memiliki penampilan yang menurut Anda aneh, cobalah lebih berpikiran terbuka. Setiap orang memiliki selera masing-masing.

Mereka juga memiliki hak untuk mengatur bagaimana penampilan mereka, selama masih dalam kategori yang sopan. Jadi, jangan biasakan julid dengan penampilan teman kerja, ya?

2. Kepo dengan Masalah Pribadi Teman Kerja dan Bergosip

Meskipun di kantor Anda memiliki rekan yang bisa dianggap sangat dekat, sebaiknya tetaplah menjaga jarak. Jangan sekali-kali menanyakan masalah pribadi teman Anda selama di kantor, karena ini akan mengurangi profesionalisme Anda dalam bekerja.

Sebaiknya tanyalah masalah seputar pekerjaan kantor. Jika memang benar-benar membutuhkan teman bicara, Anda bisa saja bertanya seputar hal umum yang tidak menuju ke permasalahan pribadi.

Sebab jika terlalu mengarah ke hal pribadi, hal itu bisa membuat teman Anda canggung untuk menceritakannya. Kalau pun rekan kerja Anda ternyata ingin bercerita keluh kesah yang dirasakannya, biar dia yang memulainya terlebih dahulu.

Bukan hanya itu, bergosip atau menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya, meskipun mungkin asyik dan sering terjadi di lingkungan kerja, juga sangat dilarang untuk menjaga profesionalisme. Lebih baik manfaatkan waktu Anda semaksimal mungkin, jangan gunakan hanya untuk menggosip di kantor.

3. Bersikap Agresif dan Menggoda Teman Kantor

Tidak sepantasnya Anda menggoda teman kerja, meskipun kelihatannya mereka dekat dengan Anda. Bisa saja mereka menganggap kedekatan dengan Anda sekadar untuk melancarkan pekerjaan yang diberikan oleh atasan.

Jika Anda bersikap terlalu agresif, bahkan menggoda teman kerja yang sudah memiliki pasangan, itu juga bisa dikategorikan tidak berperasaan. Anda pun akan terlihat tidak profesional jika melakukan hal ini.

4. Kecanduan Ponsel dan Membukanya Setiap Saat

Gunakan smartphone Anda di saat sedang santai atau istirahat. Gunakan secara bijak, jangan sampai mengganggu aktivitas kerja Anda. Jika saat sedang rapat Anda masih bermain smartphone, ini tentu akan sangat mengganggu, bahkan bisa-bisa Anda mendapat teguran dari atasan.

5. Terlalu Berlebihan dalam Berbicara

Tahan terlebih dahulu hasrat untuk bercerita dengan teman kerja, terutama saat Anda mendapat tugas dari atasan. Jangan terlalu berlebihan dalam bercerita, karena itu hanya akan membuang waktu saja.

Selesaikan dulu semua pekerjaan Anda, barulah setelah itu lihat apakah teman yang lain sedang santai atau tidak. Dan jika memang sedang santai, tidak ada salahnya Anda bercerita dengan teman seputar masalah yang dihadapi.

6. Melakukan Blocking dengan Salah Satu Teman Kerja

Saat di kantor, Anda diharuskan untuk berkordinasi dengan semua staf karyawan. Dengan kata lain, Anda harus bisa berkomunikasi dengan semua pekerja kantor tersebut.

Anda tidak diperbolehkan melakukan blocking atau memilih untuk berteman dengan satu orang saja, atau katakanlah membuat geng sendiri. Ini biasanya terlihat tidak saja ketika waktu luang Anda hanya bersama si A, bahkan saat rapat pun Anda duduk di samping si A.

Itulah yang dinamakan blocking. Bahkan bukan hanya dengan satu orang saja, selalu bersama dengan beberapa orang tertentu juga tidaklah baik untuk menjaga profesionalisme kerja.

7. Memposting Hal Buruk tentang Atasan dan Rekan Kerja

Semua keburukan tentang perusahaan, termasuk tentang atasan dan karyawannya, sebaiknya Anda simpan rapat-rapat. Jangan sekal-kali hal itu Anda umbar di media sosial.

Meskipun misalnya, Anda tahu bahwa sebenarnya ada banyak karyawan yang tidak menyukai bos, tapi ini bukan alasan untuk mengumbarnya di media sosial. Ini hanya akan menunjukkan bahwa Anda kurang profesional dalam menjalankan kerja.

8. Selalu Minta Maaf secara Berlebihan

Meminta maaf saat melakukan kesalahan tentu wajar, bahkan sangat dibutuhkan untuk memperbaiki keadaan. Tapi berbeda ceritanya jika Anda melakukannya secara berlebihan.

Anda hanya akan terlihat sebagai orang yang lemah dan tidak profesional dalam menanggapi permasalahan jika itu dilakukan. Tentu Anda tidak mau hal itu terjadi, bukan?

9. Tidak Fokus Saat Mendengarkan Lawan Berbicara

Anda tentu tidak suka jika saat bercerita, ternyata orang yang Anda ajak cerita tidak fokus. Artinya, semua cerita yang Anda ceritakan tidak disimaknya dengan baik.

Nah, ini juga akan dirasakan oleh teman kerja maupun atasan, jika Anda sendiri pun bersikap demikian. Maka, usahakanlah untuk selalu fokus saat mendengarkan lawan Anda bercerita.

10. Memanggil Nama Panggilan yang Kurang Sopan

Sebaiknya, hindari menggunakan nama panggilan yang kurang sopan saat berada di kantor. Nama panggilan yang kurang sopan itu contohnya bisa sapaan “Say”, “Beb” atau “Yang”, atau juga gelar-gelar panggilan tak pantas lainnya.

Ini hanya akan mengurangi nilai keprofesionalan Anda dalam bekerja. Sebaiknya gunakan nama formal, atau minimal nama panggilan asli rekan Anda saat di kantor.

Kenali Kekurangan Diri dan Berusahalah Memperbaiki

Tahu jika selama ini Anda pernah melakukan beberapa hal di atas, sebaiknya Anda segera meminta maaf. Itulah solusi terbaik, dan kemudian Anda harus berusaha memperbaikinya. Semoga Anda bisa menghilangkan hal-hal yang membuat Anda terlihat kurang profesional saat bekerja.

Arsito Hidayatullah

 

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *