Ada 41 Saham Gorengan, BEI Minta Investor Lebih Jeli

  • Bagikan
Ilustrasi memantau harga saham. (Shutterstock)
banner 468x60

triggernetmedia.com –  Bursa Efek Indonesia (BEI) mengidentifikasi ada 41 saham yang dianggap gorengan. Nilai transaksinya 8,3 persen dari Rata-rata nilai Transaksi Harian (RNTH) pada 2019 yang sebesar Rp 9,1 triliun.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Laksono Widodo mengaku terus memantau saham-saham gorengan tersebut dan meminta investor lebih jeli dalam memilih investasi sahamnya.

“Sebenarnya kami punya rambu-rambu yang apabila diikuti dengan baik mestinya cukup memberikan guidance (bimbingan) untuk para investor untuk memilih saham-saham yang ada,” kata Laksono saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (15/1), dinukil dari laman suara.com.

Baca juga  Gantikan China, Finlandia Tuan Rumah Piala Sudirman 2021

Guidance tersebut kata Laksono dapat dilihat dari notifikasi khusus yang diberikan otoritas bursa terhadap saham-saham yang ada, sehingga seharusnya investor mengetahui notifikasi-notifikasi tersebut.

Notifikasi-notifikasi khusus itu kata dia seperti Unusual Market Activity (UMA). Laksono menuturkan, BEI selalu mengingatkan investor agar mengkaji kembali aksi korporasi emiten yang terkena UMA dan mempertimbangkan risiko sebelum mengambil keputusan investasi.

Baca juga  Viral Tagar Respect Selena Gomez, Serial Televisi Kena Semprot Netizen

Selain UMA kata dia adalah suspensi saham yang berarti saham yang dihentikan sementara perdagangannya oleh otoritas bursa, pada kurun waktu tertentu sehingga investor tidak bisa membeli maupun menjual saham sampai ada pemberitahuan pencabutan suspensi.

Biasanya suspensi saham akan dilakukan jika saham tersebut pergerakannya dinilai tak wajar.

“Mengenai UMA, kami juga melakukan suspensi, kami juga melakukan notasi khusus. Terus seperti itu,” katanya.

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *