banner 468x60

Jangan Asal Mengolah Daging Merah, Begini Cara Memasak yang Sehat dan Aman

  • Bagikan
Ilustrasi makan steak, daging merah. (Shutterstock)
banner 468x60

triggernetmedia.com – Anda pasti sudah sering mendengar konsumsi daging merah seperti steak yang katanya bisa meningkatkan risiko kematian dan sejumlah penyakit serius.

Fakatanya dilansir oleh Daily Star, mengonsumsi daging merah tak semenyeramkan itu. Marcus Wareing, pembawa acara MasterChef the Professionals, telah membagikan cara mengolah daging merah yang lebih aman.

Seperti dinuki dari aman suara.com, dalam tata caranya, Marcus Wareing mengingatkan semua orang untuk menghindari empat kesalahan ini ketika mengolah daging merah, antara lain:

1. Membeli potongan daging berkualitas rendah

Jika Anda ingin membuat steak, belilah daging dengan kualitas terbaik. Karena potongan daging berkualitas rendah tidak akan mencapai hasil yang baik, sehat dan aman. Meskipun Anda sudah memasak daging kualitas rendah itu dengan cara terbaik.

Baca juga  Pertamina Pastikan Stok Elpiji 3 Kg Aman
Ilustrasi steak (Pixabay/Lum3n)

2. Tidak mengeluarkan daging sebelum memasaknya

Kebanyakan orang pasti akan menyimpan daging mentah di dalam kulkas setelah membelinya. Tetapi, mereka lupa untuk mengeluarkan daging beberapa saat dari kulkas sebelum memasaknya.

Karena daging akan lebih baik diolah jika lebih dulu dikeluarkan dari kulkas dan dibiarkan dalam suhu kamar.

3. Bumbu daging yang salah

Sekarang ini sudah banyak kemasan untuk mengolah daging. Tetapi, alangkah lebih baiknya jika Anda membuat bumbu olahan sendiri di rumah.

Perlu diingat, cara membumbui daging pun tidak boleh sembarang. Anda perlu membumbui sisi daging yang lebih dulu menyentuh wajan. Jangan gunakan garam untuk membumbui daging lebih dulu karena ini bisa menyebabkan rasa pahit dan membuat daging tidak juicy.

4. Jangan langsung angkat daging dari wajan ketika sudah matang

Baca juga  5 Oleh-Oleh Khas Bogor Terpopuler, Kue Lapis sampai Kacang Bogor Istana

Apakah Anda pernah mengiris steak lalu terlihat masih ada darahnya? Hal ini bisa saja terjadi jika orang yang memasak langsung mengangkat atau meniriskan daging yang dimasak dari wajan.

Lebih baik, diamkan daging beberapa saat di dalam wajan sebelum mengangkatnya. Hal ini bertujuan supaya daging terlihat sangat baik dikonsumsi ketika diiris.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *