Karolin Deklarasikan Dukung Sekolah Ramah Anak

  • Bagikan
Bupati Landak, dr.Karolin Margret Natasa memberikan kata sambutan memperingati hari anak Nasional Tahun 2019 di SMPN 1, Ngabang, Kamis, 7/11/2019.
banner 468x60
triggernetmedia.com – Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa menghadiri deklarasi sekolah ramah anak bersama dengan Forkopimda Kabupaten Landak, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, Perwakilan Bappeda Kabupaten Landak, Dewan adat Dayak, Melayu, dan Tionghoa Kabupaten Landak, Kepala sekolah SMP Negeri 1 Ngabang beserta dewan guru dan para murid yang digelar di SMP Negeri 1 Ngabang, Kamis (7/11).

Dalam sambutannya Karolin mengatakan deklarasi ini merupakan program dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Menurutnya sekolah ramah anak  ini mencakup keramahan lingkungan sekolah maupun suasana proses belajar mengajarnya.

“Yang namanya sekolah itu memang harus ramah anak, baik lingkungannya dan juga suasana saat proses belajar mengajar harus dalam suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak,” ujar Karolin.

Dia mengatakan sekolah yang ramah anak merupakan salah satu kriteria kabupaten layak anak.

Karolin berpesan, dengan adanya deklarasi ini dapat meningkatkan kesadaran seluruh pihak agar bisa menciptakan lingkungan yang menunjang optimalisasi tumbuh kembang anak.

“Sekolah yang ramah anak ini merupakan salah satu kriteria dari kabupaten layak anak, semoga dengan deklarasi ramah anak ini meningkatkan kesadaran seluruh pihak, seluruh stakeholder untuk bisa menciptakan lingkungan yang menunjang optimalisasi tumbuh kembang anak-anak kita dan mereka semakin mencintai lingkungan sekolahan,” katanya.

Baca juga  Serbuan Vaksinasi Nasional Ciptakan Imunitas Komunal
Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa.

Ditengah permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan Indonesia saat ini mulai dari Bullying, kekerasan terhadap guru dan murid, kasus bunuh diri siswa dan permasalahan lainnya, Karolin mengingatkan pihak sekolah dan orang tua untuk meningkatkan pembinaan terhadap anak agar kejadian seperti ini tidak terjadi di Kabupaten Landak.

“Sebenarnya bukan situasi seperti bullying, kekerasan terhadap guru dan murid, kasus bunuh diri siswa dan permasalahan lainnya yang kita harapkan dalam dunia pendidikan kita. Untuk itu peran guru dan orang tua menjadi sangat penting, para guru dituntut untuk mengembangkan kemampuan mengajar yang menyenangkan bagi para pelajar serta orang tua yang selalu mendampingi anak-anak ketika berada dilingkungan rumah,” jelasnya.

Karolin berharap kedepan deklarasi sekolah ramah anak ini juga dapat dilakukan disemua tingkat pendidikan yang ada di Kabupaten Landak, agar pendidikan di Kabupaten Landak bisa menuju kearah yang lebih baik.

Baca juga  Dekatkan Pelayanan Adminduk Terintegrasi, Bupati Landak: Harus Cepat dan Efisien

“Kedepan saya harapkan kita terus mendeklarasikan sekolah ramah anak tidak hanya di SMP Negeri 1 Ngabang ini, tetapi juga diseluruh tingkatan pendidikan mulai dari PAUD, TK, SMP, SMA, dan SLB di Kabupaten Landak, agar pendidikan di kabupaten Landak bisa menuju kearah yang lebih baik,” harapnya.

Bersamaan dengan acara ini juga dilaksanakan kegiatan belajar sehari diluar kelas oleh siswa-siswi SMP Negeri 1 Ngabang, yang diisi dengan latihan baris berbaris serta permainan tradisional.

Ini merupakan suatu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari anak internasional di Kabupaten Landak tahun 2019.

Karolin mengajak semua pihak terkait mendukung dan melaksanakan program ini. Ia berharap melalui program ini para siswa semakin termotivasi dan meninkmati proses belajarnya.

“Jadi mulai sekarang akan ada waktunya siswa belajar diluar kelas, mudah-mudahan dengan program ini para siswa semakin termotivasi dan menikmati proses belajar. Selain itu, pengenalan permainan tradisional juga harus terus dilestarikan agar mereka tidak terlarut dengan permainan modern terutama game online,” katanya.

Ariz

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *