banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Karhutla Wilayah Kuala Sampas berhasil dipadamkan

banner 120x600

triggernetmedia.com – Kebakaran yang terjadi di Kuala Sampas Rt. Kuala Sampas Dusun Semayam Desa Sebatih Kecamatan Sengah Temila akhirnya berhasil dipadamkan.

Sebelumnya, Pihak BPBD, Damkar Satpol-PP Kabupaten Landak beserta Damkar Kamuda 137 dibantu Pihak perusahaan berjibaku memadamkan api yang nyaris masuk ke pemukiman masyarakat Kuala Sampas.

“Kebakaran yang terjadi dua hari lalu, sudah dapat dipadamkan sehingga BPBD serta Team Damkar dari Kamuda 137 sudah meninggalkan lokasi kebakaran,” ungkap Gregorius Uus, Humas PT. Wimar, Jum’at (20/9).

Ia mengatakan api begitu cepat membesar karena tiupan angin, namun sangat disesalkan karena akibat kebakaran hutan ini sempat merembet ke perusahaan. Beruntung api karhutla dapat dipadamkan sejak Rabu kemarin.

“Api ini awalnya tidak berada di blok milik perusahaan, tetapi kondisi musim kemarau ditambah tiupan angin kemudian dengan struktur tanah lahan gambut akhirnya api dengan mudahnya menghanguskan areal disekitar perusahaan dan kita sangat dirugikan atas kejadian ini tetapi semoga tanaman sawit yang terbakar ini tidak mati semua” jelasnya.

Gregorius menyatakan, saat ini pihaknya belum bisa memastikan berapa total lahan yang terbakar di Kuala Sengah (Sampas) dikarenakan pihak perusahaan masih memeriksa lahan.

“Total lahan yang terbakar masih belum bisa kita pastikan berapa ratus pokok yang terbakar tetapi pihak perusahaan untuk saat ini masih memeriksa secara mendalam untuk mengelompokkan kategori hutan dan pokok sawit yang terbakar dengan tingkatnya masing-masing,” ujarnya.

Gregorius menyampaikan apresiasinya terhadap bantuan tim pemadam kebakaran yang diturunkan pemerintah yakni BPBD, Damkar Satpol-PP, Kamuda 137, TNI dan Polri.

“Tentunya kita sangat mengapresiasi kepada pemerintah yang sudah banyak membantu dalam menurunkan tim pemadam kebakaran yang terjadi di wilayah Kuala Sampas. Reaksi cepat yang dilaksanakan sangat membantu kita dalam kejadian ini terutama respon Bupati Landak dalam mengatasi karhutla,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa mengapresiasi masyarakat nya, termasuk semua pihak yang turut membantu menangani karhutla di Kabupaten Landak.

“Kita bersyukur akhirnya karhutla di Kuala Sampas sudah padam berkat kerjasama perusahaan, masyarakat, TNI, Polri bersama pemerintah. Dan Saya mengingatkan kepada semua pihak untuk tetap waspada akan terjadinya kebakaran di Kabupaten Landak,” kata Karolin.

Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *