banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

Marketing Business Center Sebagai Market Place

Trigger Netmedia - 17 September 2019
Marketing Business Center Sebagai Market Place
 - ()

triggernetmedia.com – Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kubu Raya Norasari Arani mengatakan, MBC bermanfaat sebagai market place atau pemasaran produk UMKM secara dalam jaringan (online) di dalam negeri dan luar negeri.

“MBC juga menjadi sarana menginformasikan harga sembako atau barang kebutuhan pokok dan penting sebagai alat kontrol untuk mengurangi laju inflasi,” ujarnya.

MBC ini, sambungnya, juga sekaligus menjadi bank data ekonomi khususnya sektor perkoperasian, UMKM, perdagangan, perindustrian, dan ribuan data terkait lainnya.

Meski terbilang inovasi, MBC, menurut Nora, bukanlah inovasi luar biasa.

“Di era digitalisasi saat ini, MBC adalah keharusan. Sehingga inovasi MBC merupakan keniscayaan demi memaksimalkan peluang UMKM untuk bersaing dan meningkatkan usaha,” katanya.

Hingga akhir 2018 lalu, ungkapnya, jumlah usaha mikro di Indonesia mencapai 58,91 juta, usaha kecil 59.260, dan usaha menengah 4.987 pelaku usaha. Akan tetapi yang sudah go digital dari jumlah tersebut baru lima persen.

“Sisanya masih sangat konvensional dalam pengembangan usahanya,” katanya.

Nora menjelaskan, untuk tahap awal telah ada sebanyak 70 produk UMKM yang terdaftar sebagai anggota MBC.

Dirinya berharap ke depan semakin banyak pelaku UMKM yang memanfaatkan fasilitas MBC.

Karena itu ia mengajak para pelaku UMKM di Kubu Raya untuk bergabung di MBC.

“Bisa langsung datang ke kantor Dinas Koperasi Kubu Raya untuk mendaftarkan produk yang dimiliki. Tentunya dengan memiliki legalitas yang jelas dan memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan,” ujarnya.

Rio I Ariz

Tinggalkan Komentar

SITE LOCATION REKLAME

Streaming triggernetmedia.com