banner 120x600 banner 120x600

Puting Beliung Sapu Kantor Camat dan Rusak Hunian Pekerja Sawit

banner 120x600
banner 468x60

triggernetmedia.com – Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan lima rumah rusak, termasuk kantor camat Ledo.

Kompleks Pabrik Kelapa Sawit PT. Sentosa Bumi Wijaya juga terdampak dan mengalami kerusakan.

Plt. Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Bengkayang, Yosep mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Senin sore (19/8).

“Itu bencana puting beliung. Kita sudah menerjunkan personil untuk memantau lokasi kejadian dan mengirim bantuan logistik untuk para korban, baik yang di komplek PT. SBW maupun disimpang PT.  serta di kantor camat Ledo,” jelasnya, Selasa (20/8).

Tidak ada korban jiwa dalam hal ini, namun menurut Yosep, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

BPBD Kabupaten Bengkayang sebenarnya telah memetakan wilayah-wilayah yang berpotensi terjadinya angin puting beliung. Meliputi empat kecamatan, yakni jalur perbatasan kecamatan Sanggau Ledo, Kecamatan Ledo, Kecamatan 17 dan kecamatan Seluas.

“Terlebih  saat ini cuaca cukup sulit di prediksi. Kita minta warga di beberapa wilayah tersebut tetap waspada, karena  keempat kecamatan itu terpetakan pernah terjadi dengan kasus serupa beberapa tahun sebelumnya,” ungkap Yosep.

Baca juga  Menhub Wajibkan Semua Pengguna Transportasi Umum Miliki STRP

Berdasarkan prediksi BMKG, menurut Yosep kondisi cuaca panas akan berkepanjangan hingga beberapa bulan kedepan.

Hal itu akan berpotensi memicu kebakaran hutan dan lahan.

“Meski ditengah cuaca panas itu akan terjadi hujan, prediksi BMKG juga dapat dimungkinkan menyebabkan cuaca ekstrim,” ujarnya.

Sementara itu, Humas PT.SBW Ledo, Tri Wibowo mengungkapkan umumnya semua kerusakan berat di perumahan mereka disapu angin puting beliung.

“Kejadian bermula saat hujan turun deras disertai angin kencang dan tiba-tiba saja angin bertiup kuat dan menyasar komplek hingga atap berterbangan,” katanya.

“Sedikitnya tercatat ada lima rumah yang rusak parah dan bahkan Pos Tenaga Kerja Bongkar Muat juga tak luput disapu angin kencang,” katanya lagi.

Selain itu, lanjut Tri, di lokasi Pabrik juga terkena dampak hingga di Simpang masuk PT. SBW dan komplek Kantor Camat Ledo juga terkena angin Puting Beliung.

Baca juga  Luhut Prediksi Puncak Covid-19 Omicron Terjadi Awal Februari

“Terhadap kerusakan yang ditimbulkan kita mencoba perbaiki instalasi listrik yang rusak, dan sebisa mungkin perbaiki rumah yang rusak parah. Dan saat ini kami sedang mendata kerusakan apa saja, namun diperkirakan kerugiannya mencapai 30 juta,” sebut Tri.

 

Nar I Ariz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.