banner 468x60

Kabupaten Landak Penyalur Dana Desa Terbaik Tahun 2019

Trigger Netmedia - 13 Februari 2020
Kabupaten Landak Penyalur Dana Desa Terbaik Tahun 2019
Pemerintah Kabupaten Landak sebagai penyalur dana desa terbaik seKalimantan Barat untuk realisasi tahun 2019. - ()

triggernetmedia.com –  Gubernur Kalimantan Barat H.Sutarmidji menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Landak sebagai penyalur dana desa terbaik seKalimantan Barat untuk realisasi tahun 2019.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Landak, Benediktus, mewakili Bupati landak, dr. Karolin Margret Natasa yang berhalangan hadir.

Penghargaan disampaikan sekaligus bentuk apresiasi dari Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat yang disampaikan langsung Gubernur Sutarmidji dalam acara rakor penyaluran DAK fisik, Dana Desa dan Dana BOS Provinsi Kalimantan Barat.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Daerah dari 14 Kabupaten/Kota serta perwakilan Dinas terkait yang berlangsung di Aula Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat, pada Rabu (12/2).

Menurut Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Landak, Benediktus penghargaan yang diraih Pemkab Landak itu dinilai berdasarkan indikator yang telah ditetapkan pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK-193.07-2018) terutama dalam hal ketepatan waktu dan mengikuti tahapan yang telah dimuat dalam peraturan tersebut.

Baca juga  Umat Islam bersama TNI/Polri Salat Istisqa Serentak di Bengkayang

“Berdasarkan PMK 193 ada beberapa tahapan dalam penyaluran dana desa, dan tahapan itu ada tenggak waktunya. Untuk tahun 2019 kita di kabupaten Landak telah memenuhi sebelum tingkat waktu yang telah ditetapkan sehingga kabupaten Landak terpilih terbaik penyaluran dana desanya se-Kalimantan Barat,” kata Benediktus.

Benediktus menambahkan, parameter penilaian yang diperoleh oleh Pemkab Landak yaitu meliputi penyaluran dari RKUN-RKUD berdasarkan pagu per Pemda sebesar 30 persen. Kemudian, sambungnya, sisa dana di RKDes berdasarkan dana yang diterima desa sebesar 20 persen, untuk capaian output dana desa sebesar 30 persen, dan kecepatan penyaluran RKUN-RKUD mencapai 20 persen.

Baca juga  3 Korban Sriwijaya Air Teridentifikasi Rabu Sore, Salah Satunya Pramugara

“Sehingga berdasarkan beberapa parameter tersebut Kabupaten Landak memperoleh nilai 84,13,” jelasnya.

Kedepannya, lanjut Benediktus, Kabupaten Landak akan terus mempertahan prestasi ini. Karena itu diperlukan komitmen dan kerja sama semua lini mulai dari tingkat kabupaten hingga desa dalam hal ini sangat diperlukan.

“Harapan kedepan kita tetap komitmen minta kerjasama mulai dari aparat desa, kecamatan hingga tingkat kabupaten supaya tetap bisa meraih penghargaan ini dan minimal mempertahankannya,” harap Benediktus.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat, Dr.H.Edih Mulyadi, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pencapaian yang telah diperoleh oleh kabupaten Landak sebagai penyalur dana desa terbaik tahun 2019.

“Saya berterimakasih yang setinggi-tingginya atas peran dan kinerja yang pemda lakukan ditahun 2019 sehingga diperoleh capaian- capaian yang cukup baik,” ucapnya.

Ariz

banner 468x60

Tinggalkan Komentar

HARI JADI KETAPANG Ke-603

Greeting Pelantikan Bupati & Wakil Bupati Ketapang

Streaming triggernetmedia.com

Close Ads X