banner 468x60

Curah Hujan diperkirakan Masih Tinggi, Warga di Pesisir diimbau Waspada

Trigger Netmedia - 21 Januari 2020
Curah Hujan diperkirakan Masih Tinggi, Warga di Pesisir diimbau Waspada
BMKG - ()

triggernetmedia.com – Analisis curah hujan di wilayah Kalimantan Barat pada dasarian II (tanggal 11-20) Januari 2020 berkisar antara 51-200 mm/dasarian yang didominasi hujan kategori menengah.

“Sifat hujan pada dasarian II Januari 2020 didominasi kategori normal hingga atas normal,” ungkap Kepala BMKG Staklim  Mempawah,  Kalimantan Barat, Syafrinal, Selasa (21/1) dalam pesan elektroniknya.

Monitoring hari tanpa hujan di Kalimantan Barat, sambungnya, terpantau secara umum berada dalam kategori sangat Pendek (1-5 hari) hingga masih ada hujan.

“Hari tanpa hujan terpanjang terjadi di Kabupaten Ketapang wilayah Marau sepanjang 8 hari.

Baca juga  Sri Mulyani Sebut Banyak Negara Kehabisan Akal Hadapi Ekonomi Global

,” sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan Syafrinal, prospek kondisi indeks Nino 3.4 terpantau sebesar (+0.60) berada pada fase El Nino Netral. Indeks Dipole Mode terpantau sebesar (+0.34) berada pada kondisi Dipole Mode Netral.

Analisis suhu permukaan laut di sekitar wilayah Kalimantan Barat secara umum menunjukan nilai anomali berkisar antara (+0.25) hingga (-1.0).

“Secara umum curah hujan di wilayah Kalimantan Barat pada dasarian III (tanggal 21-31) Januari 2020 diprakirakan berkisar antara 75-150 mm/dasarian, dimana curah hujan Kalimantan Barat wilayah hulu diprakirakan yang lebih tinggi dibanding curah hujan di wilayah pesisir,” jelas Syafrinal.

Baca juga  Timnas Indonesia Kalah Telak, Fakhri Husaini Tersenyum Puas

“Potensi hujan secara umum diprakirakan terjadi pada awal dasarian III Januari 2020 dan sifat hujan mendekati normalnya untuk sebagian besar wilayah di Kalimantan Barat,” ujarnya menambahkan.

Adanya potensi curah hujan yang tinggi hingga berdampak timbulnya genangan air terutama bagi masyarakat yang bermukim di seputar wilayah pesisir diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan.

Ariz

banner 468x60

Tinggalkan Komentar

HARI JADI KETAPANG Ke-603

Greeting Pelantikan Bupati & Wakil Bupati Ketapang

Streaming triggernetmedia.com

Close Ads X