banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Jokowi : Saya Tahu Mace Pace di Papua dan Papua Barat Tersinggung

Presiden Joko Widodo merespons aksi kerusuhan di Papua. (Suara.com/Ummi HS).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai kerusuhan yang terjadi beberapa daerah di Papua termasuk, Manokwari pada Senin (19/8) hari ini.

Jokowi mengatakan kerusuhan yang terjadi karena adanya ketersinggungan orang Papua terhadap beberapa insiden yang terjadi di Jawa Timur.

“Saudara-saudaraku, Pace, Mace (sebutan bapak atau ibu di Papua) mama- mama di Papua, di Papua Barat saya tahu ada ketersinggungan,” ujar Jokowi di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/7/2019).

Oleh karenanya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar masyarakat Papua saling memaafkan. Kata Jokowi, cara yang paling baik yakni saling memaafkan dan bersabar.

Lebih lanjut, ia menegaskan pemerintah akan terus menjaga kehormatan dan kesejahteraan seluruh warga Papua.

“Dan yakinlah bahwa pemerintah akan terus menjaga kehormatan dan kesejahteraan pace mace, mama-mama yang ada di Papua dan Papua Barat,” kata dia.

Diketahui, kerusuhan di Manokawari pada hari ini diduga merupakan buntut dari penangkapan mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang. Massa yang berasal dari sejumlah elemen melakukan aksi menyikapi adanya tindakan rasisme terhadap mahasiswa Papua yang ditangkap di Surabaya.

Dari aksi tersebut berubah menjadi kerusuhan. Massa pun dilaporkan melakukan pembakaran terhadap kantor DPRD Papua Barat. Dilaporkan kerusuhan pun menjalar ke wilayah lain termasuk Jayapura dan Sorong. Bahkan, massa dilaporkan membakar Lembaga Pemasyarakaan di Sorong dan perusakan di Bandara.

Agung Sandy Lesmana | Ummi Hadyah Saleh

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *