HeadlineKetapangKilas KalbarNewsSospolhukam

Unjuk Rasa, Warga Bentrok Dengan Polisi di Kantor KPU Ketapang

"Unjuk rasa ini bukan merupakan kejadian yang benar-benar terjadi, melainkan bagian dari rangkaian simulasi pengamanan kota melalui penanganan aksi unjuk rasa di depan Kantor KPU Ketapang jelang Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Ketapang yang akan dihelat 9 Desember tahun 2020 mendatang," ungkakap Kapolres Ketapang AKBP Wuryantono, Senin (31/8/2020) di Ketapang.

triggernetmedia.com – Puluhan pengunjuk rasa terlibat aksi saling dorong dengan personil Kepolisian di halaman Kantor KPU Ketapang, pada Senin (31/8/2020). Aksi unjuk rasa pun berujung ricuh antara pengunjuk rasa dengan aparat Kepolisian..

“Unjuk rasa ini bukan merupakan kejadian yang benar-benar terjadi, melainkan bagian dari rangkaian simulasi pengamanan kota melalui penanganan aksi unjuk rasa di depan Kantor KPU Ketapang jelang Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Ketapang yang akan dihelat 9 Desember tahun 2020 mendatang,” ungkakap Kapolres Ketapang AKBP Wuryantono, Senin (31/8/2020) di Ketapang.

Kapolres menjelaskan, aksi unjuk rasa merupakan rangkaian simulasi dan skenario terkait pengamanan kota, yang dilaksanakan sebagai bentuk peningkatan kesigapan serta kemampuan satuan tugas Operasi Mantap Praja Kapuas 2020 Polres Ketapang.

“Giat ini sekaligus untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan personil agar mampu mempersiapkan diri dalam segala kondisi tugas dan sesuai dengan protap,” papar Kapolres.

Aparat Kepolisian melakukan barikade di halaman kantor KPU Ketapang dalam simulasi pengamanan Pilkada.

Dalam arahannya, Kapolres Ketapang AKBP Wuryantono menegaskan bahwa pengamanan kota dan obyek vital seperti Kantor KPU merupakan gambaran pelaksanaan tugas yang akan dilakukan personil jajaran Polres Ketapang apabila kedepannya terjadi dinamika kamtibmas yang tidak kondusif.

“Tantangan tugas kita kedepan semakin dinamis. Dalam beberapa bulan lagi di Kabupaten Ketapang akan digelar Pilkada, maka sebagai anggota polri dari sekarang kita harus bekerja mempersiapkan diri, menjaga fisik kesehatan, kesiapan mental, serta terus meningkatkan kemampuan teknis kepolisian seperti pada pagi hari ini, dengan tujuan dalam pelaksanaan pengamanan setiap tahapan pilkada dapat berjalan aman tertib dan lancar ,” Ujar Kapolres, Senin, 31 Agustus 2020, Pukul 10.30 wib.

Lebih lanjut Kapolres mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk tetap bersinergi bersama TNI serta instansi terkait dalam pelaksanaan pengamanan tahapan pilkada serta tetap menjunjung tinggi netralitas Polri dalam Pilkada nantinya.

“Tanggung jawab kita bersama untuk menjawab kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri dalam menjamin Kamtibmas yang kondusif. Maka perlu diambil langkah-langkah kongkrit untuk mempersiapkan segala sesuatunya demi terwujudnya Pilkada Kabupaten Ketapang yang aman tertib dan kondusif,” tutupnya.

Simulasi skenario penanganan unjuk rasa yang ricuh dalam rangka peningkatan kemampuan dan kesigapan aparat Kepolisian ini dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Ketapang, AKP Aditya Octorio Putra.

Jhon I Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close