HeadlineInternasionalKesraLiterasiMetropolitanNasionalNews

Perayaan Penting Bagi Umat Muslim, Ini 6 Fakta Tahun Baru Islam

Salah satunya, bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan suci.

triggernetmedia.com – Tahun Baru Islam, atau disebut juga sebagai Tahun Baru Hijriah atau Hijrah (dalam bahasa Arab), tengah kita rayakan pada hari ini, Kamis (20/8/2020).

Perayaan ini penting bagi seluruh umat Muslim di dunia karena bertepatan dengan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kampung halamannya Mekah ke Madinah pada hari pertama Muharram 622 M.

Nabi Muhammad SAW pindah untuk mendirikan komunitas Islam yang lebih besar dan menghindari perencanaan pembunuhan atas dirinya oleh kaum kafir Quraisy, sesuai perintah Allah SWT. Dia memilih untuk pindah ke kota yang dikenal sebagai Yathrib, sekitar 320 km di utara Mekah. Yathrib pada zaman sekarang berarti kota, yang sekarang kita tahu sebagai kota Madinah.
Selain hal di atas, ada fakta menarik lain yang perlu kamu ketahui mengenai Tahun Baru Islam. Berikut beberapa daftarnya seperti yang suara.com lansir dari Hindustan Times.

1. Bulan Istimewa

Bulan pertama dalam tahun Islam disebut Muharram. Bulan Muharram adalah bulan suci dan istimewa. Sebagaimana Allah SWT menyebut dalam firman-Nya (QS At-Taubah: 36) bahwa bulan Muharram satu dari empat bulan suci.

2. Tahun Baru Islam telah diperingati sejak 622 M

Dikenal dalam bahasa Arab sebagai Ras al-Sana al-Hijriya, hari yang memperingati ketika Nabi Muhammad SAW pindah dari Mekah ke Madinah modern (dahulu Yathrib) untuk menghindari rencana pembunuhan atasnya oleh kaum Kafir Quraisy. Migrasi Nabi Muhammad SAW yang juga diperintahkan Allah SWT ini juga disebut hijrah dalam bahasa Arab.

3. Pertempuran Karbala

Hari pertama bulan Muharram juga diperingati sebagai kematian cucu Nabi Muhammad SAW, Husain bin Ali, dalam pertempuran Karbala pada tahun 680 M. Ia dan pasukannya memasuki kota Karbala atau kota Irak saat ini.

Pertempuran terjadi antara pendukung dan keluarga Husain bin Ali dengan pasukan militer yang dikirim oleh Yazid bin Muawiyah, Khalifah Bani Umayyah pada saat itu.

Husain bin Ali dieksekusi selama pengepungan ini pada hari kesepuluh di bulan Muharram. Ini adalah hari yang sangat diperingati oleh Muslim Syiah.

4. Tahun Baru Islam bagi Muslim Sunni

Bagi Muslim Sunni, ini adalah hari perayaan penting, karena pada hari inilah Allah SWT menyelamatkan Musa dan Israel dengan membelah Laut Merah dan menenggelamkan Firaun dan pasukannya.

Banyak Muslim Sunni merayakan kesempatan dengan puasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram, berharap pahala dan berharap dosa tahun sebelumnya diampuni.

5. Tahun Baru Islam bagi Muslim Syiah

Sedangkan Tahun Baru Islam bagi Muslim Syiah merupakan hari berkabung, menandai hari dimana Husein bin Ali terbunuh dalam Pertempuran Karbala.

6. Hari Libur Nasional

Banyak negara mayoritas Muslim menandai hari ini sebagai hari libur nasional, yang biasanya merupakan acara yang khidmat bagi kebanyakan orang yang dihabiskan bersama keluarga dengan salat dan berdoa.

Sumber : Suara.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close