HeadlineKesehatanKhatulistiwaKilas KalbarNewsPendidikanSospolhukam

Ada Podcast di Kampus IKIP PGRI Pontianak

Selain sosialisasi materi PKKBM, IKIP PGRI gandeng TNI-Polri, BNN dan BNPB sosialisasikan pencegahan Covid-19

triggernetmedia.com – IKIP PGRI Pontianak mengadakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) untuk tahun ajaran 2021/2022 pada 2 – 4 November 2020. Pelaksanaan PKKMB tahun ini sedikit berbeda karena tidak dilakukan tatap muka dan kegiatan seperti biasaya.

Peyampaian materi kepada mahasiswa baru kali ini secara daring. Pemateri memberikan materinya dengan dialog di studio podcast dan disiarkan meleluai aplikasi zoom kesemua peserta PKKMB.

“Studio podcast digunakan agar lebih representativ, santai, dan tidak formal. Dan yang terpenting peserta bisa melakukan interaksi melalui chat dan live”, kata Hadi Riyanto, M.Pd, selaku Ketua Panitia PKKMB dari lembaga Perguruan Tinggi itu, Jum’at (6/11/2020) di ruang kerjanya.

Meskipun PKKMB kali ini menggunakan sistem online, sambung Hadi, terpenting adalah ke 948 mahasiswa baru tersebut dapat mengikuti materi yang disampaikan. Selain penyampaian materi secara daring tersebut yang membedakan PKKMB tahun ini adalah dihadirkannya Badan Nasioanal Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai pemateri.

“BNPB kali ini kami undang untuk mensosialisasikan apa itu covid-19 dan bagaimana cara pencegahannya agar para mahasiswa baru yang berasal dari daerah dapat memberikan pengetahuan yang diperolehnya ke lingkungan tempat tinggal dan masyarakat di sekitarnya”, jelasnya.

“<engingat Kalimantan Barat termasuk daerah yang rawan bencana seperti banjir, karhutla, dan longsor, maka BNPB juga memberikan pelejaran dasar bagiamana cara penanggulan jika menghadapi bencana-bencana tersebut,” timpal Hadi.

Hal senada juga diugkapkan oleh Rivaldi Pratama (23), mahasiswa semester 7 program studi Teknologi, Informatika dan Komputer di IKIP PGRI Pontianak yang bertanggungjawab sebagai Ketaua Panitia dari BEM IKIP PGRI Pontianak.

“Selain Edy Juniardi dari BNPB, kami juga mendatangkan AKBP M. Nasir dari Polda Kalbar, Mochammad Efendi dari BNN, dan Letkol Inf Mahmuddin A dari Kodam. Semua narasumber sengaja kami datangkan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada para mahasiswa baru, mulai dari pengetahuan bela negara, narkotika dan penanggulangan bencana. Selain itu kami juga memperkenalkan organisasi-organisasi mahasiswa yang bisa dipilih untuk diikuti mahasiswa baru”, timpalnya.

Yulia I Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close