ArtikelHeadlineSerba-serbiTips

Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan dan Aneka Cara Mengolahnya

Meski tak umum, tapi bunga pepaya dapat diolah menjadi makanan yang nikmat dan dipercaya kaya akan manfaat bagi tubuh.

triggernetmedia.com – Pencinta makanan Manado pasti mengenal menu legendaris tumis bunga pepaya. Ya, bunga kecil dari tumbuhan dengan nama Latin Carica papaya itu bisa diolah menjadi makanan yang tak hanya nikmat, tetapi juga sehat.

Dikutip Suara.com dari Alodokter, bunga pepaya memiliki ragam manfaat bagi kesehatan karena mengnadung bermacam-macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti kalium, natrium, beta karoten, mineral, lemak, karbohidrat, dan protein.

Kalium merupakan jenis mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan serta mendukung kerja otot, saraf, dan jantung. Sementara kandungan beta karoten yang terdapat pada bunga pepaya dianggap bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa konsumsi sayuran yang kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan beta karoten — seperti bunga pepaya, dapat menurunkan risiko seseorang terserang penyakit jantung dan jenis kanker tertentu. Meski begitu, klaim tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

Baca Juga:Cara Membuat Tumis Kangkung Belacan, Rasanya Rame Bikin Lahap

Hanya saja, bunga pepaya memang memiliki pencinta tersendiri. Mereka yang tidak menyukai bunga pepaya biasanya mengatakan bahwa bunga tersebut memiliki citarasa pahit yang kuat.

Lalu bagaimana cara mengolah bunga pepaya yang nikmat?

Maria Lie, founder dari restoran Manado Rumarica mengatakan, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit dari bunga pepaya adalah menyimpannya dalam freezer selama beberapa hari untuk kemudian direbus dan air pada bunga diperas sekuat mungkin.

Hal itu bertujuan untuk mengurangi kandungan air pada bunga pepaya yang terasa pahit.

Selain dapat diolah menjadi menu masakan, bunga pepaya juga dapat diolah menjadi teh. Dikutip dari Alodokter, cara mengolah bunga pepaya menjadi teh cukup mudah. Pertama-tama, biarkan bunga pepaya layu dengan sendirinya, lalu panaskan dan keringkan dengan suhu rendah untuk menghilangkan kandungan bioaktif di dalam bunga.

Baca Juga:Cocok Dijadikan Bekal, Intip Resep Tumis Tahu Tiram Berikut Ini

Bunga pepaya kering yang diseduh menjadi teh membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ini berkat kandungan fitosterol yang terdapat pada teh bunga pepaya.

Sumber : Suara.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close