ArtikelHeadlineInternasionalLifestyleNasionalSerba-serbiTips

Dipakai Banyak Produk Skincare, Ternyata Ini Manfaat Witch Hazel

Berikut beberapa hal penting terkait witch hazel yang terkandung di banyak produk skincare.

triggernetmedia.com – Belakangan ini, witch hazel lagi lumayan naik daun di dunia skincare. Namun, sebenarnya apa manfaat witch hazel bagi perawatan kulit?

Melansir Yukepo.com, witch hazel adalah tanaman berbunga yang tumbuh subur di Amerika Utara dan Jepang. Ekstraknya diambil dari daun dan batang.

Tanaman ini memang telah dikenal berkhasiat sejak lama. Pada masa lalu, ia adalah sumber pengobatan herbal untuk menangani masalah inflamasi kulit. Jadi, tak heran jika kini witch hazel banyak dipakai untuk produk perawatan kulit berjerawat.

Witch hazel juga bisa mengatasi pembengkakan pada kulit, luka setelah cukur, hingga gejala kemerahan, gatal, dan rasa terbakar. Kegunaan lainnya adalah memperkecil ukuran pori dan mengencangkan kulit. Itulah kenapa witch hazel sering disebut sebagai toner alami.

Baca Juga:Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan saat Bercak Gelap Muncul di Kulit

Penggunaan witch hazel relatif tidak memiliki efek samping apapun pada kulit normal. Namun, ada beberapa orang yang bisa mengalami gejala alergi. Walau berkhasiat, rupanya witch hazel juga sangat rentan memicu iritasi pada kulit dan memiliki sifat astringent yang bisa menyerap minyak di wajah.

Kalau pemakaiannya terlalu sering atau kebanyakan, bisa menyebabkan masalah kulit kering. Oleh karenanya, penggunaan witch hazel cukup beberapa kali dalam seminggu, tidak perlu setiap hari.

Banyak pula yang menyarankan untuk tidak membiarkan kulit terpapar witch hazel terlalu lama. Setelah diaplikasikan, bilas wajah dengan air. Selain itu, kamu wajib menggunakan produk pelembap wajah yang bisa mengurangi risiko iritasi.

Terdapat dua jenis witch hazel yang beredar di pasaran. Satu yang bebas alkohol dan satu lagi astringent yang mengandung alkohol dan bisa menyerap minyak berlebih.

Bagi kulit sensitif, tentu produk bebas alkohol lebih disarankan. Namun bagi kali yang punya masalah jerawat, produk witch hazel dengan alkohol sebenarnya bisa efektif asalkan kulit tidak sensitif dan mudah mengalami iritasi.

Baca Juga:Ahli Kecantikan Korea Bocorkan 3 Kegunaan Facial Essence

Pada produk skincare, konsentrasi witch hazel biasanya sudah lebih rendah karena biasanya telah dicampur dengan asam serta ekstrak tanaman lainnya. Hal tersebut bisa mengurangi risiko iritasi dan kulit kering karena penggunaan berlebihan.

Intinya, witch hazel akan memberikan manfaat yang baik jika digunakan sesuai kebutuhan dan aturan. Mengingat harganya yang tidak bisa dibilang murah, pastikan kamu lebih bijak memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan tipe serta masalah kulit masing-masing.

Sumber : Suara.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close