HeadlineInternasionalMetropolitanNasionalNewsSeni & BudayaSerba-serbi

800 Karya Seni Siap Meriahkan Pameran Art Virtual Jakarta 2020

Art Jakarta sendiri kini telah memasuki masa penyelenggaraan tahun ke-12.

triggernetmedia.com – Masa pandemi tidak menjadi penghalang adanya pameran karya seni rupa. Namun, berbeda dari tahun sebelumnya pameran ini dilakukan di Jakarta secara virtual dengan menghadirkan 38 galeri karya seni rupa dari Indonesia dan internasional.

Art Jakarta sendiri kini telah memasuki masa penyelenggaraan tahun ke-12. Mereka membuktikan terus berkomitmen bersama para pelaku dalam ekosistem seni rupa khususnya di Indonesia, adalah bagian dari kekuatan dan alasan utama keberadaan dalam pameran tersebut.

“Pandemi mendorong kami untuk bersikap optimis dan mencari cara agar hubungan kerjasama dalam ekosistem seni rupa di Indonesia dan Asia Tenggara tetap berlangsung,” ujar Direktur Artistik Art Jakarta, Enin Supriyanto dalam pernyataanya secara virtual, Senin (19/10/2020).

Pameran ini  dinamakan OPPO Art Jakarta Virtual 2020 yang menjadi ruang virtual untuk kolaborasi dengan para seniman agar tetap dapat melakukan kerja kreatif, serta tetap menikmati karya seni rupa dengan cara yang berbeda.

Baca Juga:Tak Ingin Terpendam Pandemi, Ratusan Komikus Nekat Gelar Pameran

Art Virtual Jakarta 2020. (Dok: Istimewa)

“Khususnya untuk para seniman Indonesia, yang mengalami berbagai kesulitan di masa pandemi, kami berharap bahwa OPPO Art Jakarta Virtual 2020 dapat menjadi salah satu cara agar karya-karya mereka dapat terus mendapatkan apresiasi,” jelasnya.

Sementara, Fair Director Art Jakarta, Tom Tandio menambahkan.pihaknya percaya bahwa semangat para seniman Indonesia untuk terus berkarya selama pandemi, karena ini adalah hal utama bagi keberlangsungan ekosistem seni rupa di Indonesia.

Selain itu, pameran OPPO Art Jakarta Virtual 2020 ini juga didukung oleh pihak swasta dan pemerintah. Menurut Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid bahwa pelaksanaan Art Jakarta tahun ini adalah bentuk inovasi baru yang patut diapresiasi.

Art Jakarta sendiri mendapatkan dukungan dari galeri-galeri seni rupa di Indonesia dan mancanegara. Pameran dengan menampilkan 38 galeri seni yang terdiri dari 27 galeri Indonesia dan 11 galeri seni internasional. Selain itu, terdapat 16 komunitas dan organisasi seniman yang terlibat.

Masyarakat dan khususnya pecinta seni mulai hari ini sampai 15 November mendatang , akan diberikan  karya terbaik para seniman dengan sekitar 800 karya yang ditampilkan dan Anda dapat melihatnya dengan berkunjung ke situs resmi artjakarta.com.

Baca Juga:Pameran Indonesia Properti Virtual Expo Diperpanjang Hingga 15 Oktober

Dalam pameran virtual ini, OPPO Indonesia juga bekerjasama dengan sepuluh seniman Indonesia, yakni Aditya Novali, Agan Harahap, Agugn Prabowo, Arin Dwihartanto Sunaryo, Heri Dono, Mella Jaarsma, Naufal Abshar, R. E. Hartanto, Syagini Ratna Wulan, dan Uji “Hahan” Handoko melalui OPPO Find Art.

Ruang pameran virtual ini akan menampilkan karya seni mereka dalam bentuk satu set karya orisinil dan ukiran di perangkat OPPO Find X2 Series yang akan dilelang. Hasilnya akan disumbangkan untuk komunitas seniman yang sedang melaksanakan program residensi maupun lokakarya.

Sumber : Suara.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close