ArtikelHeadlineKulinerNasionalSerba-serbi

4 Makanan Khas Bali, Cita Rasanya Tak Bisa Dikembari

Mau tahu apa saja masakan khas Bali? Yuk, cek berikut adalah beberapa yang dapat kami kumpulkan informasinya untuk Anda.

triggernetmedia.com – Pecinta kuliner sudahkah kalian mencicipi makanan khas Bali? Yup, Indonesia itu kaya akan masakan enak. Kekayaan nusantara ini ada di setiap daerah di Indonesia, salah satunya ya Bali.

Mau tahu apa saja masakan khas Bali? Yuk, cek berikut makanan khas Bali adalah beberapa yang dapat kami kumpulkan informasinya untuk Anda.

1. Ayam Pelalah

Makanan khas Bali yang pertama adalah Ayam Pelalah. Masakan berbahan dasar ayam memang terdengar biasa, tapi kalau diolah dengan resep yang benar, tentunya memberikan cita rasa yang khas.

Ayam pelalah merupakan masakan khas bali yang dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai merah, tomat, air jeruk nipis. Cara masaknya membuatnya memiliki cita rasa yang beda dengan ayam masakan dari Jawa atau dari daerah lain. Ayam pelalah diproses melalui beberapa tahap. Ayam harus disuwir lebih dulu kemudian dibumbui.

2. Sate Lilit Bali

Ada banyak jenis sate di Indonesia. Ada sate kambing dari madura, ada sate padang, dan lain sebagainya. Ada pula sate lilit dari Bali.

Bahan dasar masakan khas Bali ini adalah daging cincang yang dibumbui lebih dulu. Daging itu kemudian dililitkan ke bilah bambu yang aman untuk makanan. Dari proses masaknya inilah yang membuat sate dinamai sate lilit, sebab daging harus dililitkan ke bilah bambu kecil, bentuknya seperti stik ice cream.

Rasa sate lilit gurih dan beraroma rempah sereh yang kuat. Bagi yang suka pasti akan menikmati masakan ini tanpa ragu.

3. Ayam betutu

Nah, selain masakan ayam pelalahmakanan khas Bali yang terkenal sampai ke kota-kota lain ialah ayam betutu. Masakan ini diolah dengan proses yang cukup lama. Ayam harus direbus kemudian dibumbui dengan rempah dan diberi santan

Rasa santannya kuat sehingga manis gurihnya campur dan memberikan aroma harum yang khas. Makan ayam betutu enaknya dikombinasikan dengan sambal matah.

4. Rujak Buleleng Bali

Rujak buleleng mungkin terlihat mirip dengan rujak Jawa biasanya. Tapi kuliner ini termasuk dalam makanan khas Bali.

Bedanya rujak buleleng tidak dibumbui dengan kacang. Rujak Buleleng dibumbui dengan gula aren khas Buleleng, cuka, terasi, garam, cabai rawit, dan pisang batu.

Dengan kombinasi bumbu tersebut jangan heran kalau ada rasa sepat yang akan terasa di lidah ketika kamu mencicipinya. Rujak buleleng ini tak bisa lepas dari gula aren khas Buleleng. Kalau pun mau membuatnya sendiri di luar buleleng, boleh-boleh saja, tapi ya….siap-siap rasanya jadi beda dengan resep aslinya.

Demikian, makanan khas bali yang bisa kami sajikan untuk Anda. Masakan-masakan di atas bisa kok ditemukan di kotamu, khususnya di restoran khas Bali.

Sumber : Suara.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close