ArtikelComunityHeadlineITLifestyleMilenialSerba-serbiTeknoTips

4 Cara Membuat Podcast yang Disukai Banyak Orang

Anda tertarik membuat podcast pribadi? Berikut cara membuat podcast terlengkap.

triggernetmedia.com – Pasti Anda sudah tak asing lagi dengan istilah podcast. Lalu bagaimana cara membuat podcast agar menarik dan disukai banyak orang?

Menurut Oberlo, podcast merupakan siaran audio yang diunggah di sebuah web ataupun platform lainnya. Istilah podcast berasal dari iPod dan broadcast. Seperti namanya, siaran ini bisa didengarkan oleh siapa saja dan di mana saja.

Jika Anda tertarik membuat podcast pribadi, berikut cara membuat podcast terlengkap.

1. Menentukan Topik Pembicaraan

Tips membuat podcast yang pertama adalah menentukan topik pembicaraan. Layaknya radio, pada podcast ini, yang didengarkan hanyalah audio atau suara. Sehingga topik pembicaraan yang menarik sangat penting agar pendengar tidak bosan.

Selain menarik, pastikan topik yang Anda pilih juga bermanfaat untuk banyak orang ya. Pemilihan topik haruslah memenuhi dua kriteria yakni Anda menyukai atau menguasai topik tersebut dan topik tersebut tak akan ada habisnya untuk dibicarakan.

Mengapa demikian? Karena, jika kehabisan ide pembahasan maka akan berpengaruh pada kata-kata yang dilontarkan sehingga akan membuat pembaca bosan dan kebingungan mengenai inti pembicaraan Anda.

2. Proses Rekaman

Setelah memilih topik, kini saatnya untuk merekam audio lewat ponsel. Tak perlu menggunakan alat perekam atau microphone dengan harga selangit. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi perekam suara di Android maupun iOS.

Aplikasi perekam suara pun tak kalah jernih dibandingkan dengan microphone mahal. Caranya, dekatkan smartphone ke mulut saat berbicara untuk mendapatkan suara yang lebih jernih.

Sedikit tips, saat merekam, lakukan di tempat yang kedap suara. Misalnya, kamar tidur. Sebab, ruangan kosong bisa membuat suara Anda bergaung dan kurang nyaman didengarkan.

3. Upload di Soundcloud dan Anchor

Ada dua aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengunggah hasil rekaman podcast Anda yakni Soundcloud dan Anchor.

Pertama, unggah rekaman ke platform online tersebut. Jika Anda sudah yakin dengan isi podcast yang direkam, Anda bisa langsung mengunggahnya. Namun, jika ada bagian atau suara-suara yang tak diinginkan terekam maka Anda bisa mengeditnya terlebih dahulu dengan aplikasi Audacity atau GarageBand.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan musik atau efek opening hingga closing pada rekaman audio Anda agar lebih menarik.

Disarankan untuk mengunggah podcast pada platform yang sudah dikenal banyak orang, salah satunya adalah Anchor. Selain gratis, unggahan podcast Anda juga bisa langsung tersedia di Spotify, Apple Podcast, Google Podcast, dan platform lainnya sehingga kemungkinan untuk lebih di dengar akan semakin besar.

Sementara itu, Soundcloud menarik biaya langganan sebesar Rp 200 ribu per bulan. Keunggulannya, Anda bisa mengunggah podcast dengan durasi lebih dari 3 jam sekaligus.

4. Konsisten

Setelah melakukan tiga hal di atas, kini Anda sudah resmi menjadi seorang podcaster. Selanjutnya, agar podcast Anda punya banyak pendengar, maka Anda harus lebih konsisten dalam mengunggah audio dan memilih topik-topik menarik lainnya.

Demikian cara membuat podcast yang menarik dan disukai orang banyak. Selamat mencoba!

Sumber : Suara.com 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close