banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

PLN Salurkan Bantuan CSR di Bengkayang

banner 120x600

triggernetmedia – Tiga belas desa di lima kecamatan di Kabupaten Bengkayang menerima bantuan dana CSR yang diserahkan secara resmi oleh Manajemen PLN kepada penerima manfaat/kelompok usaha bersama pada hari Kamis (26/9).

Penyerahan bantuan modal usaha guna mendorong upaya pengentasan kemiskinan dan meningkatkan perekonomian masyarakat itu didampingi oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkayang, beserta Camat dan Kepala Desa terkait.

PLN salurkan CSR di Kabupaten Bengkayang.

“Pelaksanaan program CSR di Kabupaten Bengkayang ini merupakan wujud implementasi dari tanggung jawab sosial dan lingkungan PLN sebagai pemegang ijin usaha untuk penyedia tenaga listrik terhadap masyarakat dan lingkungan perusahaan,” ungkap General Manager UIP Kalbagtim, Muhammad Ramadhan Syah, Sabtu (28/9).

“Sinergi antara PLN UIP Kalbagtim dengan Pemerintah Kabupaten Bengkayang untuk program PLN Peduli Ekonomi Bengkayang dapat terjalin dengan baik. Sehingga program yang diikuti oleh sekitar 222 orang sebagai penerima manfaat yang tercatat dengan mayoritas perempuan, dapat merasakan manfaat secara langsung atas pelaksanaan program PLN Peduli Ekonomi Bengkayang,” ungkapnya lagi.

Perwakilan Desa penerima CSR PLN.

Program PLN Peduli Ekonomi Bengkayang menyasar Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang ada di Desa Magmagan Karya, Desa Tiga Berkat, Desa Belimbing, Desa Lamolda, Desa Lesabela, Desa Jesape, Desa Bange, Desa Gua, Desa Sango, Desa Sahan, Desa Mayak, Desa Seluas, Desa Jagoi dengan kegiatan usaha yang bervariatif.

Hal ini disesuaikan dengan potensi yang tersedia di masing-masing desa, seperi usaha peternakan ayam putih, peternakan kambing, pertanian jagung, produk olahan ubi rambat menjadi tepung, produk anyaman dari bambu, dan kerajinan bidai.

 

“Masing-masing desa terdapat satu kelompok ekonomi produktif dengan bidang usaha yang berbeda dengan desa lain, atau ada beberapa yang sama  berdasarkan potensi kelompok usaha tersebut,” jelas Ramadhansyah.

Dijelaskan, selama program PLN Peduli Ekonomi Bengkayang dilaksanakan dari Bulan April hingga September 2019 mendapat perhatian khusus dari banyak pihak, karena dalam pelaksanaannya tidak pernah henti untuk di lakukan monitoring.

Seperti setiap KUBE mendapatkan pendampingan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, yang diketahui oleh masing-masing kecamatan dan desa.

PLN Peduli Ekonomi Bengkayang memberikan bantuan usaha dengan paket lengkap kepada masyarakat sebagai penerima manfaat, contohnya untuk usaha peternakan ayam, dimulai dari penyuluhan sebagai pemula terkait bagaimana menjalankan usaha peternakan ayam khususnya ayam putih dengan mendatangkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, dilanjutkan dengan pembangunan kandang hingga penyediaan seluruh perlengkapan kandang untuk penunjang usaha peternakan ayam putih, dan tidak lupa bibit ayam yang diberikan sejumlah 2.000 ekor dengan persediaan pakan dan vitamin yang tercukupi.

Yanto (27) warga desa Seluas merasa bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh PLN.

“Berkat bantuan yang diberikan usaha yang kami jalankan dapat tumbuh dan berkembang. Perbulan kami mendapat tambahan penghasilan,” akunya.

“Apalagi saat ini banyak warga kelompok yang sedang tidak memiliki pekerjaan tetap. Kini kami tetap bisa berpenghasilan, makanan di rumah tersedia dan kebutuhan untuk anak sekolah pun dapat terlengkapi,” ujar Yanto menambahkan.

Hendra I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *