banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Sekarang Uji Swab Covid-19 Bisa di Lab RS Untan Pontianak

Wabah virus corona (coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyatakan, mulai Senin (20/4/2020) Laboratorium Rumah Sakit Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak sudah bisa melakukan Uji Swab Covid-19.

“Metode yang dipakai dalam uji swab ini menggunakan real time polymerase chain reaction yang disebut RT-PCR,” kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Minggu (19/4/2020) di Pontianak.

Ia berharap dengan adanya fasilitas uji Swab di Laboratorium RS Untan nantinya akan mempercepat hasil pemeriksaan pasien Covid-19.

“Kalau pemeriksaan uji swab sudah bisa dilakukan di Pontianak, apabila ada pasien dalam pemantauan bisa langsung diuji swab dan hasilnya bisa segera diketahui sehingga memberikan kepastian,” ujarnya.

Selama ini, sambung Edi, pihaknya hanya sebatas melakukan Rapid Test, sementara untuk uji Swab harus dikirim ke Jakarta. Bahkan untuk mengetahui hasilnya mereka harus menunggu hingga 14 hari.

“Dengan lambannya hasil pemeriksaan yang dikeluarkan, menimbulkan ketidakpastian di masyarakat, apakah hasilnya positif atau negatif dan saat ini kami masih menunggu hasil dari 39 sampel,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson Azroi mengatakan saat ini Laboratorium RS UNTAN sudah mendapatkan bantuan Kit Reagen RT-PCR dari dua perusahaan.

“Jadi nanti Senin, laboratorium RS UNTAN sudah bisa melakukan pemeriksaan Swab Nasofaring,” sebutnya.

Harisson menambahkan jika Laboratorium RS UNTAN sudah lakukan uji Swab, maka tidak perlu lagi mengirimkan sampel Swab ke Jakarta dan waktu tunggu hasil pemeriksannya akan jauh lebih cepat.

“Dalam satu hari kita sudah bisa mendapatkan hasil pemeriksaannya,” kata dia.

Dhesta

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *