HeadlineInternasionalLiterasiMetropolitanNasionalSerba-serbiSospolhukam

10 Muharram 2020, Ini 5 Fakta Menarik Hari Asyura yang Perlu Anda Ketahui

10 Muharram yang disebut Hari Asyura memiliki banyak sejarah dan keistimewaan yang harus diketahui umat Muslim.

triggernetmedia.com – Hari Asyura diambil dari bahasa Arab yang berarti hari kesepuluh, menunjuk pada 10 Muharram pada penanggalan hijriah.

Ini merupakan momen istimewa dalam Islam, bahkan dilansir Penny Appeal, beberapa ulama menafsirkan Hari Asyura sebagai hari terpenting yang diberkati Allah SWT untuk umat-Nya.

Pada Muharram 1442 H tahun ini, Hari Asyura (Ashura) jatuh pada Sabtu, 29 Agustus 2020. Di hari inilah umat Islam biasa berpuasa untuk mohon pengampunan dan mengharap pahala dari Allah SWT.

Bukan cuma itu, ternyata berbagai peristiwa penting juga terjadi pada tanggal ini, yang membuat Hari Asyura semakin penting.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Hari Asyura atau 10 Muharram, berikut 5 fakta menarik yang perlu kamu ketahui.

1. Hari pertolongan Allah SWT untuk Nabi Musa AS

Pada tanggal inilah Allah SWT membebaskan Nabi Musa AS dan Bani Israil dari kejaran Firaun dan pasukannya.

Setelah bertahun-tahun penyiksaan dan perbudakan, Allah SWT membelah Laut Merah agar bisa diseberangi Nabi Musa AS dan Bani Israil.

Ketika Nabi Muhammad SAW berbicara tentang hari ini, dia berkata:

“Ini adalah hari yang luar biasa ketika Allah menyelamatkan Musa dan umatnya dan menenggelamkan Firaun dan kaumnya,”. (Sahih Muslim)

Selanjutnya: Memperingati Pertempuran Karbala, 1400 tahun yang lalu …

2. Memperingati Pertempuran Karbala, 1400 tahun yang lalu

Ribuan tahun kemudian, pada hari yang sama, peristiwa bersejarah lainnya terjadi, di mana Imam Husein, cucu Nabi Muhammad SAW, menjadi martir dalam Pertempuran Karbala, bersama keluarga dan pendukungnya.

Imam Husein melakukan perjalanan ke Karbala yang saat ini menjadi negara Irak untuk menjawab panggilan umat Islam Kufah.

Ia datang ke tanah mereka agar nantinya umat Islam Kufah bisa bersumpah setia sebagai kaumnya. Namun tetapi begitu tiba di Karbala, Imam Husein bertemu dengan tentara yang kejam dan menyiksanya.

Di gurun yang terik panas itu, Imam Husein dan anak-anaknya kekurangan air selama berhari-hari, sehingga ketika terbunuh, ia juga wafat karena kehausan.

Dikisahkan bahwa anak bungsunya, yang baru berusia enam bulan, meninggal karena kehausan dalam pertempuran di Karbala ini.

Selanjutnya: Berkah berlipat ganda di Hari Asyura yang akan diterima umat Muslim …

3. Berkah berlipat ganda di Hari Asyura yang akan diterima umat Muslim

Dalam ayat Alquran, Allah SWT memberi tahu bahwa bulan Muharram begitu suci sehingga, janganlah kamu berbuat dosa. Ini tertulis pada Surat At-Taubah ayat 36.

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa”.

Dari sini, para ulama memahami bahwa berbuat lebih baik pada bulan-bulan suci seperti Muharram, itu artinya amal kebaikan juga berlipat ganda.

Jadi, pada Hari Asyura, kita harus melakukan segalanya untuk meningkatkan ibadah dan perbuatan baik kita.

Selanjutnya: Puasa di Hari Asyura …

4. Puasa di Hari Asyura

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

“Ada doa-doa yang tidak ditolak, yakni doa seorang ayah untuk anaknya, doa orang yang berpuasa dan doa orang yang bepergian”. (Sahih Tirmidzi)

Untuk memanfaatkan hari istimewa ini, puasa adalah amalan yang bisa dilakukan.

Selain itu melakukan ibadah lainnya, termasuk membaca Alquran, berpuasa, berdzikir, atau bersedekah juga begitu disarankan.

Misalnya, untuk menghormati Imam Husein, kamu bisa bersedakah lewat Panen Air Hujan yang berkelanjutan dan menyediakan air bersih untuk komunitas yang dilanda kemiskinan di seluruh dunia.

Karena menyediakan air adalah tindakan sedekah Jariyah, maka pahala untuk sedekah Asyuramu akan berlipat ganda lebih dari yang kamu bayangkan.

Selanjutnya: Memberi pada Hari Asyura setara dengan amal satu tahun …

5. Memberi pada Hari Asyura setara dengan amal satu tahun

Tidak hanya berkah yang akan berlipat ganda pada Hari Asyura, tetapi Nabi SAW juga menjelaskan bagaimana amalmu lebih berarti pada hari yang diberkahi ini:

“Barangsiapa yang berpuasa Asyura, itu seolah-olah dia telah berpuasa sepanjang tahun. Dan siapa pun yang memberi amal pada hari ini, itu seperti amal selama setahun penuh,” dalam kitab Lata’if al-Ma’arif Ibn Rajab dijelaskan.

Itulah lima fakta menarik tentang keistimewaan Hari Asyura.

Sumber : Suara.com

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close