HeadlineIndonesia MembangunKabar DesaKilas KalbarSanggau

Yohanes Ontot Apresiasi Kemajuan dan Capaian PKK KKBPK Sanggau

"Saya berikan apresiasi sebesar-besarnya kepada kecamatan toba dalam penilaian lomba. Apalagi terdapat 4 kategori yang dinilai, yaitu kategori PKK KB Kes, kategori posyandu, kategori perilaku hidup bersih, dan kategori lingkungan terbaik," ujar Yohanes Ontot menambahkan.

triggernetmedia.com – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot melakukan peninjauan kegiatan PKK di Desa Lumut, Kecamatan Toba pada Selasa (18/2/2020). Kunjungan tersebut sekaligus pendampingan rombongan Tim Penilai Lomba Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kes Tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Pada kesempatan itu Yohanes Ontot memaparkan, pelaksanaan program Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kes sejatinya dimulai sejak tahun 1994.

“Jadi sebenarnya ini merupakan kegiatan sektoral, kegiatan rutin yang khusus kita lombakan. Dari keempat kategori tersebut lah kita dapat melihat bagaimana kualitas sebuat desa dalam kehidupan dan keluarga yang sejahtera dan berkualitas.” Ungkapnya.

Kekinian, menurut Yohanes Ontot telah banyak mengalami kemajuan dan pencapaian target secara signifikan dan berkesinambungan. Keberadaan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk intensifikasi lintas sektor di bidang pemberdayaan keluarga, KB dan kesehatan.

“Melalui kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kes, dengan dukungan keterpaduan lintas sektor, dimana yang menjadi tumpuannya adalah kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK, dan institusi KB Kesehatan di desa dengan kader-kader sebagai ujung tombak, serta keluarga sebagai fokus sasaran utama,” jelasnya.

“Saya berikan apresiasi sebesar-besarnya kepada kecamatan toba dalam penilaian lomba. Apalagi terdapat 4 kategori yang dinilai, yaitu kategori PKK KB Kes, kategori posyandu, kategori perilaku hidup bersih, dan kategori lingkungan terbaik,” ujar Yohanes Ontot menambahkan.

Wakil Ketua PKK Kabupaten Sanggau, Ny. Yohana Kusbarian Yohanes Ontot, menjelaskan beberapa hal yang menjadi fokus dalam lomba dan penilaian PKK KKBPK tahun 2019, yang baru dilaksanakan pada tahun ini di Desa Lumut, Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau.

Menurutnya, pelaksanaan gerakan PKK KKBPK Kes tahun 2019 di Desa lumut Kecamatan Toba diantaranya diselenggarakan beberapa kegiatan yang memang perlu disinergikan dan dipadukan dengan teknologi.

“Seperti kegiatan PKK, Dinas Sosial P3AKB dan Dinas Kesehatan dan mitra lainnya yang memang melalui proses persiapan hingga pelaksanaan kegiatan, bahkan pelaporan dan tahap penilaian dari tim,” jelasnya.

“Fokus lomba PKK-KKBPK Kes itu antarlain kegiatan kesatuan gerak PKK KKBPK Kesehatan, lomba kegiatan lingkungan bersih dan sehat, lomba kegiatan Posyandu dan lomba kegiatan PHBS di rumah tangga,” jelasnya lagi.

Yohana Kusbarian Yohanes Ontot menyatakan, diperlukan peranan stakeholder yang terkait untuk mendukung terlaksananya keempat kegiatan yang jadi fokus lomba PKK-KKBPK tersebut.

“Meski diakui dalam waktu yang relatif singkat, namun secara program kegiatan tersebut sudah rutin dilakukan oleh Dinas P3AKB dan Dinas Kesehatan, seperti di Puskesmas maupun tingkat kabupaten.” katanya.

Sekretaris BKKBN Provinsi Kalbar, Abdulrahman, mengapresiasi seluruh Tim Penggerak PKK di Kabupaten Sanggau yang telah memberikan pelayanan terbaik melalui programnya, sehingga dapat menciptakan keluarga yang berkualitas.

Dikatakan, kerja sama PKK dengan BKKBN sudah sangat lama terjalin, dimana BKKBN biasa kita sebut delapan fungsi keluarga dan PKK dengan 10 program pokok nya dapat disinergikan sehingga pada akhirnya diharapkan terwujud masyarakat atau keluarga yang berkualitas.

“Program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana maupun program-program dari dinas kesehatan tujuannya adalah untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh kita adalah satuan PKK KB Kesehatan. Penilaian kesatuan gerak PKK KB Kesehatan pada tahun ini difokuskan pada lokasi Kampung KB dan bertepatan dengan hari ini adalah di Desa Lumutini,” jelas Abdulrahman.

Sementara itu, Camat Toba, Adi Susanto berharap proses penilaian yang dilakukan Tim Penilai Lomba Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kes Tingkat Provinsi Kalimantan Barat itu mendapatkan nilai terbaik.

‘Sekaligus memberikan motivasi bagi masyarakat kami di Kecamatan Toba dalam hal pemberdayaan dan peningkatan kualitas lingkungan dan pelayanan menciptakan keluarga yang berkualitas sebagaimana fungsi keluarga dan PKK,” katanya, Rabu (19/2/2020).

Libertus I Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close