ArtikelHeadlineInternasionalKesehatan

Sering Sembelit? 4 Buah Ini Bisa Jadi Pengganti Obat Pencahar

Obat pencahar memang tersedia di manapun dan dijual dengan harga murah, namun beberapa buah nyatanya bisa jadi alternatif untuk lancarkan buang air besar.

triggernetmedia.com – Sembelit menjadi masalah kesehatan yang paling umum dan memengaruhi sekitar 20 persen populasi dunia. Kondisi ini umumnya disebabkan karena penurunan pergerakan makanan melalui sistem pencernaan yang tertunda.

Kondisi ini juga bisa muncul akibat pola makan rendah serat, penuaan, dan kurangnya aktivitas fisik. Meskipun cara mengobati sembelit biasanya mencakup obat pencahar, pelunak feses, dan suplemen serat, sebenarnya ada juga beberapa makanan alami yang bisa jadi alternatif.

Melansir dari Healthline, berikut beberapa buah yang mampu membantu redakan sembelit, antara lain:

1. Apel

Baca Juga:Tingkatkan Kekebalan dan Redakan Flu, Coba Manfaatkan Cuka Sari Apel

Buah apel. (Shutterstock)

Tips mengatasi sembelit yang pertama adalah makan apel. Buah ini merupakan sumber serat yang baik, di mana satu apel kecil 5,3 ons menyediakan 3,6 gram serat.

Serat melewati usus tanpa dicerna sehingga membantu pembentukan tinja dan mendorong buang air besar secara teratur. Sementara apel mengandung jenis serat larut tertentu yang disebut pektin, di mana memiliki efek pencahar.

2. Kiwi

Kiwi juga merupakan buah yang sangat tinggi serat sehingga baik untuk membantu meningkatkan keteraturan buang air besar.

Satu kiwi ukuran sedang atau 2,6 ons mengandung 2 gram serat. Kiwi sendiri telah terbukti merangsang pergerakan makanan di saluran pencernaan dan membantu mendorong buang air besar.

Baca Juga:Cara Memutihkan Gigi dengan 5 Bahan Alami dari Siwak hingga Lemon

Kiwi membantu mempercepat waktu transit makanan di usus, meminimalisir penggunaan pencahar, hingga memperbaiki gejala sembelit.

3. Pir

Buah pir dapat membantu meringankan sembelit dengan dua cara. Pertama, pir adalah makanan kaya serat. Satu buah pir ukuran sedang 6,3 ons mengandung 6 gram serat. Masing-masing jumlah tersebut memenuhi sekitar 16 persen hingga 25 persen kebutuhan harian serat.

Kedua, pir tinggi akan sorbitol, alkohol gula yang bertindak sebagai agen osmotik untuk menarik air ke dalam usus dan merangsang pergerakan usus.

4. Alpukat

Baca Juga:Tingkatkan Kekebalan dan Redakan Flu, Coba Manfaatkan Cuka Sari Apel

Alpukat dikenal sebagai makanan super yang kaya nutrisi dan dapat membantu mengatasi sembelit.

Setengah buah alpukat dan segelas jus alpukat. [shutterstock]
Satu cangkir atau 146 gram irisan alpukat mengandung 10 gram serat. Kandungan serat larut dan tidak larut ini dapat membantu meredakan sembelit.Sebuah studi tahun 2019 juga menunjukkan bahwa mengganti karbohidrat dengan lemak dan serat alpukat dapat meningkatkan rasa kenyang.

Sumber : Suara.com

 

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close