HeadlineKilas KalbarLandakLipsus

Rakor Kewaspadaan Dini Daerah Jelang Natal dan Tahun Baru

Pemkab Landak upayakan Kamtibmas kondusif.

triggernetmedia.com – Pemerintah Kabupaten Landak melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Landak melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Kewaspadaan Dini Daerah Kabupaten Landak Tahun 2019 di Aula Kantor Bupati Landak pada Senin (9/12) Pagi.

Rapat Koordinasi Kewaspadaan Dini Daerah tersebut dihadiri oleh Narasumber Kasat Intelpolres Kabupaten Landak dan Inteligen Negara Wilayah Kabupaten Landak (BIN), Kepala OPD, para Camat, Anggota Kewaspadaan Dini Daerah Kabupaten Landak, Kodim 1201/Mempawah serta Anggota Kewaspadaan Dini Daerah Kabupaten Landak.

Rapat Koordinasi Kewaspadaan Dini Daerah merupakan salah satu program penting dan mendasar pada seksi Bina Ideologi dan Wasbang pada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Landak.

Ketua Panitia Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Landak, Sameon menjelaskan, kegiatan Rapat Koordinasi Kewaspadaan Dini Daerah dilaksanakan setiap tahunnya khususnya di Kabupaten Landak.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan Rapat Koordinasi Kewaspadaan Dini Daerah ini untuk pendektesian dan pencegahan dini, mengantisipasi ideologi, politik ekonomi, sosial budaya dan keamanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Kalimantan Barat dan khususnya di wilayah Kabupaten Landak,” jelas Sameon.

Sekaligus menyampaikan amanat Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa, Sameon menyampaikan bahwa Kewaspadaan Dini Daerah Kabupaten Landak yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Bupati Landak Nomor 720/182/HK-2019, sebagaimana penjabaran Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2019.

“Forum ini sangat penting dan strategis  untuk mengoptimalkan peran Kewaspadaan Dini Daerah dalam menyikapi mengatisipasi terjadinya kerawanan yang dapat menciptakan gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di masyarakat bersama-sama dengan aparatur terkait guna mewujudkan stabilitas Kabupaten Landak menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru,” kata Sameon.

Selain itu, lanjut Sameon, Kewaspadaan Dini Derah merupakan salah satu upaya paling awal dalam mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas, karena dengan adanya peran serta masyarakat dalam mengetahui dinamika yang terjadi di lingkungan.

“Untuk itu, dalam keberadaan dan kemampuan forum ini perlu terus ditingkatkan, diperkuat dan dipertajam khususnya dalam fungsi deteksi sejak dini,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa menekankan Penyelengaraan Kewaspadaan dini masyarakat menjadi tanggung jawab masyarakat, sedangkan pemerintah wajib memfasilitasi.

“Peran Kewaspadaan Dini Daerah menjadi sangat penting, artinya apabila tugas dan pekerjaan dapat berjalan dengan baik dan ditindaklanjuti oleh pemerintah, maka hal tersebut dapat mencegah terjadinya ancaman keamanan maupun bencana, sehingga dapat menyelamatkan masyarakat atau paling tidak ancaman maupun bencana tersebut dapat diantisipasi dan diminimalisir agar tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar,” katanya.

Karolin berharap kegiatan Kewaspadaan Dini Derah tersebut dapat mewujudkan stabilitas Kabupaten Landak yang kondusif.

“Dalam hal ini, kegiatan Kewaspadaan Dini Derah dapat meningkatkan pemahaman, masukan sehingga benar-benar dapat dipahami dengan baik berkaitan dengan kewaspadaan dini di masyarakat dalam upaya mewujudkan stabilitas Kabupaten Landak yang aman dan kondusif,” pungkasnya.

Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close