HeadlineKesehatanKhatulistiwaKilas KalbarNewsSospolhukam

Perketat Prokes, Pemkot Batasi Jumlah Undangan Pesta Pernikahan

Wali Kota Pontianak ingatkan warga terapkan 3M

triggernetmedia.com – Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Pontianak kembali melakukan pembatasan aktivitas masyarakat.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, pembatasan tersebut bertujuan supaya masyarakat lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Pembatasan dilakukan terhadap tempat-tempat umum yang berpotensi terjadinya kerumunan seperti taman-taman, waterfront dan ruang-ruang publik lainnya,” ujarnya, Jumat (6/11/2020) di Pontianak.

Sementara untuk gelar pesta pernikahan, Edi menyebut hingga saat ini pihaknya masih mengizinkannya sepanjang jumlah undangan yang hadir dibatasi dan tidak melebihi dari kapasitas tempat acara berlangsung. Pihaknya tengah menyusun draf untuk teknis pembatasan gelar resepsi pernikahan dan aktivitas lainnya.

“Misalnya kapasitas tempat sebanyak 100 undangan, maka jumlahnya tidak melebihi kapasitas tersebut dan yang paling penting adalah tetap menerapkan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Menurut Edi, aktivitas ekonomi tetap bisa berjalan sepanjang masyarakat sadar dan patuh menjalankan protokol kesehatan. Diakuinya, hampir 80 persen masyarakat sudah sadar dalam menjalankan protokol kesehatan. Namun masih saja ada segelintir yang menganggap sepele terhadap Covid-19 dan tidak mematuhi protokol kesehatan. Sebagai contoh, kebiasaan masyarakat ketika makan bersama sambil ngobrol. Sehingga tanpa disadari mengeluarkan droplet yang berpotensi menularkan virus.

“Semestinya saat makan hindari sambil berbicara dan setelah selesai makan, kembali kenakan masker,” ujarnya.

Edi mengimbau masyarakat untuk ingat pesan ibu terapkan 3M, yakni Mencuci tangan dengan sabun, Menggunakan masker, dan Menjaga jarak hindari kerumunan.

Dengan menerapkan 3M, dirinya optimis tingkat penyebaran Covid-19 akan semakin berkurang. Edi juga mengingatkan agar setiap pulang ke rumah setelah beraktivitas di luar, sebaiknya langsung mandi dan mengganti pakaian.

“Silakan masyarakat beraktivitas tetapi kita semua saling mengingatkan dengan menjaga protokol kesehatan,” pesannya.

Kunci dalam mencegah tertularnya Covid-19, sambung Edi, yakni sabar, menahan diri dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Ia pun mengimbau bagi siapa saja yang merasa kurang fit atau kurang enak badan, sebaiknya beristirahat. Sebab dalam kondisi demikian, virus jadi lebih mudah masuk dalam tubuh.

Berbagi tips seperti menjaga stamina, sambung Edi, yakni dengan makan makanan yang bergizi, konsumsi vitamin atau makan buah-buahan, sayur-sayuran, ikan dan sebagainya.

“Jangan dianggap sepele dalam menjaga imunitas tubuh sebab ketika imun tubuh turun, virus lebih gampang masuk,” tandasnya.

Jim I Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close