HeadlineKhatulistiwaKilas KalbarLipsus

Pendataan Keluarga Mei 2020 “by name by adress”

DP2KBBP3A Kota Pontianak pastikan PK untuk dipergunakan dalam penetapan sasaran dan optimalisasi operasional program pembangunan KKBPK.

triggernetmedia.com – Kepala Bidang Pengendalian Keluarga, Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KB BP3A) Kota Pontianak, Ita Parmita mengatakan Pendataan Keluarga atau PK pada Mei 2020 mendatang penting untuk dilaksanakan. Ia menyebut adapun tujuan dilaksanakannya PK yakni tersedianya data keluarga by name by adress untuk dipergunakan dalam penetapan sasaran dan optimalisasi operasional program pembangunan KKBPK.

“Serta berbagai program pembangunan lainnya,” ujarnya, Selasa (17/12) di Pontianak.

Ia menjelaskan, berbagai program pembangunan yang dimaksud yakni untuk data demografi, data Keluarga Berencana, data Keluarga Sejahtera.

“Kemudian untuk data Anggota Keluarga di setiap tingkatan wilayah, termasuk di Kota Pontianak secara nasional,” katanya.

Menurutnya, Pendataan Keluarga atau PK secara serentak penting untuk dilaksanakan mulai 1 s/d 31 Mei 2020 itu sebagai pemutakhiran data Keluarga Indonesia.

“Tentu saja dalam pelaksanaan PK nantinya melibatkan kader setempat dibawah pembinaan penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan/atau Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB),” ujarnya.

Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KB BP3A) Kota Pontianak

Kepala Bidang Pengendalian Keluarga, Ita Parmitakemudian menjelaskan bahwa dalam pelaksanaannya, mekanisme pengumpulan PK dilakukan melalui interviu langsung dengan mengunakan formulir PK.

“Selain itu mekanisme PK juga dilakukan dengan interviu menggunakan alat bantu yakni smartphone,” jelasnya.

Adapun estimasi dan verifikasi pelaksanaan PK di Kota Pontianak pada tahun 2020 itu diperkirakan estimasi jumlah KK dan pengecekan atau pemeriksaan daftar Kepala Keluarga (KK) yang terverifikasi masing-masing RT berikut sket peta Pendataan Keluarga (PK).

“Selain itu, dalam pelaksanaannya PK juga harus lengkap dalam hal pengumpulan informasi seluruh keluarga di Kota Pontianak (di 6 Provinsi). Kemudian dalam pendataan sampel, kita harapkan dalam pelaksanaan PK nantinya pengumpulan informasi keluarga pada desa/kelurahan terpilih di 28 Provinsi lainnya di Indonesia,” jelas Kepala Bidang Pengendalian Keluarga DP2KB BP3A Kota Pontianak, Ita Parmita.

Ariz/KIE DP2KB BP3A Kota Pontianak

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close