HeadlineKetapangKilas KalbarNewsSospolhukam

Pandemi Covid-19 Buat KPU Tunda Pelaksanaan Pilkada

"Dengan adanya penundaan dipastikan ada perubahan lagi peraturan yang mengatur tahapan, program dan jadwal," kata Tedi.

triggernetmedia.com – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun ini harus diundur. Hal itu sesuai dengan arahan dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) dengan SK KPU nomor 179 dan SE Nomor 8 tahun 2020 tentang penundaan pelaksanaan Pilkada tahun ini akibat Covid-19.

Di Kalimantan Barat, ada beberapa daerah yang ikut menggelar Pilkada pada tahun ini. Satu diantaranya Kabupaten Ketapang.

Menurut Ketua KPU Ketapang Tedi Wahyudin, penundaan pilkada akibat pandemi Covid-19 ini tidak memberikan kendala bagi pihak penyelenggara. Dikatakan, pihaknya hanya membuat surat keputusan penundaan tahapan sebagaimana SK KPU RI nomor 179 dan menyampaika ke seluruh pihak KPU Ketapang.

“Secara kesiapan khusus saya pikir tidak ada. Hanya dengan adanya penundaan ini masa kerja badan ad hoc PP, PPS dan sekretariatnya kita tunda, penggunaan anggaran kita stop. Tidak ada lagi kegiatan tahapan ditingkat bawah sampai ke kabupaten PPK, PPS,” ungkapnya, Kamis (2/4/2020).

Tedi menilai penundaan ini merupakan keputusan bijak dari KPU RI. Karena dianggap lebih mengedepankan nasib masyarakat saat pandemi Covid-19 ini. Dia menyebut, untuk pemilih pemula pun, tetap ada berkas DP4.

“Kalaulah digeser lagi ke 2021 makin bertambah lagi usianya. Pilkada ini kan di tunda tahapannya bukan ditiadakan. Berlaku tidak berlaku kita mah pasukan di bawah, tunggu saja regulasi-regulasi berikutnya yang mengatur tentang tahapan pasca penundaan ini dicabut,” ujarnya.

Tedi menegaskan, tahapan penyelenggaraan kampanye juga ditunda. Sebab tahapan penyelenggaraan terkait perseorangan juga ditunda. Dan kampanye itu digelar tiga hari setelah DCT.

“Dengan adanya penundaan dipastikan ada perubahan lagi peraturan yang mengatur tahapan, program dan jadwal,” kata Tedi.

Dhesta

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close