HeadlineKeuanganKilas KalbarLandakLipsusNewsSospolhukam

Opini WTP Ke-7 Kali, Karolin : Ini Tantangan dan Motivasi

Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Landak dalam menyusun dan menyajikan pengelolaan keuangan hingga meraih opini WTP tersebut merupakan bentuk dari keseriusan pemerintah daerah dalam mengelola keuangan daerah.

triggernetmedia.com – Untuk kali ke-7 Pemerintah Kabupaten Landak mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Landak dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalimantan Barat.

Pencapaian yang diketahui secara resmi melalui media daring tersebut disampaikan oleh BPK RI Perwakilan Kalimantan Barat melalui rapat bersama Bupati dan Walikota se-Kalimantan Barat yang digelar secara virtual, Senin (29/6/2020).

Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Landak dalam menyusun dan menyajikan pengelolaan keuangan hingga meraih opini WTP tersebut merupakan bentuk dari keseriusan pemerintah daerah dalam mengelola keuangan daerah.

Terkait informasi tersebut Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa menyatakan bahwa dalam pengelolaan keuangan terutama uang negara maka diperlukan kerja keras dalam pengelolaannya sehingga mendapatkan hasil yang baik.

“Untuk mengelola keuangan saat ini sebenarnya tidak gampang, karena semua itu diperlukan tanggungjawab yang besar terhadap pengelolaan uang negara yang dimulai dari perencanaan, pembelanjaan hingga laporan pertanggungjawaban semua itu perlu kita laksanakan dengan baik dan benar. Tetapi pada bulan ini kita dapat melihat hasil yang kita kerjakan selama ini, terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Kalimantan Barat atas apresiasi yang diberikan kepada Kami,” ucap Karolin.

Seperti diketahui, sambung Karolin, Pemerintah Republik Indonesia melalui BPK RI Perwakilan Kalimantan Barat telah memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Landak yang telah mampu mempertahankan opini WTP selama tujuh kali berturut-turut.

“Penghargaan tahun ini adalah yang ketujuh bagi kita Pemerintah Kabupaten Landak dan sejujurnya tidak mudah dalam mempertahankan opini tersebut apalagi tujuh kali berturut-turut,” ujarnya.

Karolin mennyebut, ada hal yang membuat Pemerintah Kabupaten Landak semakin menjadi termotivasi, karena untuk mempertahankan Opini WTP diperlukan kerja sama semua pihak yang terlibat pro aktif dan bekerja dengan baik.

“Sejatinya meski kita sudah meraih opini ini berturut-turut sebanyak tujuh kali, namun saya meminta kepada seluruh pihak terkait untuk terus bekerja sama dalam mengelola keuangan ini, karena ini uang negara maka kita harus kelola dengan sebaik-baiknya. Mengemban opini WTP bukan hal ringan, tetapi ini menjadi tantangan dan motivasi untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi kepada publik,” ujar Karolin.

Dalam masalah perencanaan, lanjut dia, penyerapan anggaran hingga pelaporan tentu menjadi masalah tersendiri, tetapi Bupati Landak ini mengatakan bahwa semua masalah tersebut akan menjadi acuan dan pembelajaran dalam mengevaluasi serta meningkatkan kinerja kedepannya.

“Penghargaan ini juga tentunya akan kami jadikan sebagai tolak ukur dalam mengelola keuangan pada tahun berikutnya supaya memiliki tatakelola keuangan dan pemerintahan yang lebih baik,” jelas Karolin yang juga aktif sebagai Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat.

Dek I Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close