EkonomiHeadlineKilas KalbarLandakLipsusMaritimNews

Membangun Optimisme Menuju Pertanian Modern

Karolin: Tak hanya menyalurkan alsintan. Kekinian Pemkab Landak telah menyalurkan 832 ton benih bersertifikat untuk petani.

triggernetmedia.com – Guna meningkatkan hasil pertanian menuju pertanian modern di Kabupaten Landak, Pemerintah Kabupaten Landak memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani. Karena itu Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani untuk memotivasi para petani agar lebih baik lagi dalam usaha pertanian.

“Pemberian alsintan bagi kelompok tani di kabupaten landak merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam rangka mendukung para petani meningkatkan produktivitas mereka,” jelas Karolin di Pendopo Bupati Landak, Minggu (16/8/2020).

Dengan adanya alsintan di setiap kelompok tani, sebut Karolin, maka dapat mempermudah para petani dalam usaha tani, seperti pengolahan lahan hingga proses panen padi.

“Ada beberapa jenis alsintan yang langsung saya serahkan kepada kelompok tani yang ada di kabupaten landak, seperti hand tracktor untuk pengolagan lahan dan power thresher untuk prontok padi saat melakukan paska panen,” Katanya.

Sejumlah bantuan alsintan yang diberikan Pemkab Landak diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan semakin mendorong petani menerapkan pertanian modern.

Karolin menambahkan, dengan bantuan alsintan untuk kelompok tani, pertanian di Kabupaten Landak diharapkan dapat menuju pertanian modern.

“Meskipun saat ini masih ada kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan alsintan dari pemerintah derah, namun kedepanya saya akan berusaha untuk terus memberikan bantuan kepada kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan alsintan. Bbagi kelompok tani yang telah mendapatkan bantuan, saya berharap untuk dirawat dan dijaga alsintan tersebut, karena mendapatkan bantuan ini tidak lah mudah,” ujar Karolin.

Untuk diketahui, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Landak telah memnyalurkan bantuan sebanyak 832 ton benih padi bersertifikat kepada kelompok tani yang ada di kabupaten Landak. Pembagian benih padi bersertifikat ini oleh Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa dalam rangka menjaga ketahanan pangan di Kalimantan Barat, khususnya Kabupaten Landak.

Selain itu, salah satu kunci utama keberhasilan budidaya padi adalah dengan menggunakan benih padi yang berkualitas dan bersertifikat yang telah melalui uji laboratorium di UPT Pengawasan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Holtikultura.

Ada enam jenis varietas padi yang telah disalurkan kepada kelompok tani di 13 kecamatan di bumi intan itu. Seperti benih padi Inpari 32, Inpari 33, Inpari 42, Ciherang, Mekongga dan Situbagendit.

Benih padi yang diberikan kepada para petani bukan hanya untuk di tanam di lahan basah atau sawah, melainkan juga ada yang bisa ditanam di lahan kering/gogo.

Dek I Ariz

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close