HeadlineKilas KalbarSanggauSospolhukam

Masyarakat Sekayam Ingin Aspirasinya ditampung Dalam RKPD 2021

Pemkab Sanggau beberkan 20 aspek penting yang jadi skala prioritas pembangunan 2021

triggernetmedia.com – Camat Sekayam, Mangaranap Siahaan, menyatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) terkait Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021 sangat penting dilaksanakan guna menyerap aspirasi langsung di masyarakat, khususnya di Kecamatan Sekayam yang mungkin saja belum tertampung dalam Musrembang Desa yang telah dilaksanakan sebelumnya. Karena itu dirinya meminta masyarakat untuk bersikap aktif dalam menyampaikan masukan-masukannya.

“Peningkatan Pelayanan publik pada aspek kesejahteraan rakyat melalui pemerataan ekonomi, pertumbuhan PDRB dan kesejahteraan sosial berlandaskan tujuan pembangunan yang berkelanjutan diantaranya merupakan pokok penting untuk dibahas dalam musrembang tersebut,” jelasnya, Selasa (18/2/2020).

Mangaranap Siahaan menyebut, beberapa permasalahan utama yang ada di wilayahnya, yaitu terkait dengan kondisi jalan Kabupaten yang rusak, ketersediaan listrik yang belum ada di beberapa wilayah, kekurangan tenaga pendidik serta potensi banjir pada beberapa titik pada saat musim hujan.

“Jadi pada Musrembang kemarin dalam hal ini Bupati Sanggau, Paolus Hadi yang diwakili oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto, kami masyarakat di Kecamatan Sekayam sangat mengharapkan pikiran-pikiran pokok pembangunan yang disampaikan masyarakat dapat ditampung dan ditindaklanjuti dalam RKPD Kabupaten,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Kepala Diskominfo Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto, adapun program-program prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang antar lain membangun dan memantapkan infrastruktur yang berkualitas meliputi pembangunan sarana dan prasarana jalan, jembatan, termasuk menyangkut sarana perhubungan darat dan telekomunikasi serta infrastruktur pendukung lainnya dengan tetap memperhatikan ruang terbuka hijau berdasarkan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Kemudian, sambungnya, yakni meningkatkan kesadaran dan kapasitas pemerintah daerah, pihak swasta dan masyarakat terhadap lingkungan hidup.

“Selain itu, yakni menyediakan rencana detail tata ruang (RDTR) yang berkualitas sebagai acuan perizinan dan pengendalian pemanfaatan ruangan,” katanya, Senin (17/2/2020).

Skala prioritas pembangunan lainnya, lanjut Joni Irwanto, Pemkab Sanggau akan meningkatkan akses layanan pendidikan dasar, dan memperkuat gerakan masyarakat hidup sehat, serta meningkatkan efektivitas penyaluran bantuan sosial yang akuntabel dan transparan.

Peningkatan pemenuhan hak anak secara universal serta perlindungan anak dari tindak kekerasan, ekspoitas, penelentaran dan perlakuan salah lainnya juga menjadi prioritas.

“Termasuk meningkatkan produksi pertanian dengan optimalisasi lahan pertanian berkelanjutan, kemudian meningkatkan kualitas pelayanan perizinan kepada calon investor melalui pelayanan perizinan terpadu satu pintu,” ujarnya.

Skala prioritas lainnya, papar Joni Irwanto, Pemkab Sanggau akan meningkatkan kualitas pemuda dengan menyelenggarakan pelayanan kepemudaan yang terintegrasi untuk menumbuhkan wirausaha muda.Meningkatkan pengakuan terhadap masyarakat adat dan hutan adat. Kemudian mengingatkan ketersediaan pangan hasil pertanian, serta Meningkatkan kualifikasi, kompetensi, kinerja dan disiplin aparatur sipil negara.

“Termasuk meningkatkan kreatifitas pelaku seni dan budaya, meningkatkan pemahaman, pengalaman, dan penghayatan nilai agama, juga meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya memelihara ketentraman, ketertiban dan keamanan lingkungan,” jelasnya lagi.

“Selain itu, skala prioritas pembangunan Pemkab Sanggau juga akan meningkatkan kapasitas masyarakat untuk kesiapsiagaan menghadapi bencana. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa menuju desa mandiri dengan mengedepankan budaya gotong – royong, seklaigus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemanfaatan Dana Desa,” sebut Joni Irwanto.

Tak kalah pentingnya, Pemkab Sanggau juga akan meningkatkan koordinasi dengan segenap pemangku kepentingan pengelola perbatasan antarnegara dalam rangka pemenuhan pelayanan dasar.

“Beberapa aspirasi yang akhirnya disuarakan baik oleh Kepala Desa, Masyarakat maupun Camat Sekayam sendiri selama proses kegiatan ini berlangsung yaitu menyangkut hidran, PJU, Pelebaran jalan, pembangunan drainase, normalisasi sungai Balai Karangan, termasik akses internet,” pungkasnya.

Libertus I Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close